Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda C70, Berasa Naik Motor Sirkus

billy - Jumat, 9 November 2012 | 16:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Terbiasa menggarap motor-motor street fighter, Ivan dari Ivan Custom Yogyakarta coba modif aliran City Cub. Mengandalkan Honda C70 1979 sendiri.

“Bukan karena lagi ngetren, tapi saya mau coba suasana baru. Karena unik dan enak dilihat, motor jadi pajangan di bengkel sekaligus jadi tunggangan test ride konsumen yang datang,” kenang Ivan yang buka bengkel di Jl. Puntodewo 58, Kutuwates, Sleman, Yogyakarta.

Dibilang unik dan enak dilihat, menurut Ivan karena pengerjaannya terbilang simple juga cepat. Sebab 80% masih khas C70, lalu sisanya barang-barang custom dari part merek lain. Seperti setang model ape hanger hand made, sok belakang milik Suzuki FR juga pasang ban ring 14 tipe pacul biar terkesan sangar.

Lalu yang unik dari motor ini, jika mengamati bagian setang hingga sok depan akan terlihat agak sedikit miring atau menjorok ke depan. Tidak tegak seperti motor-motor pada umumnya. Hal ini dikarenakan dudukan as komstir ditarik ke belakang, sehingga posisi sok depan dan setang menjadi sedikit miring ke arah depan.


“Kalau orang Jawa bilang sedikit selonjor. Makanya saat motor dijalankan, pengendara harus menjaga keseimbangan. Lain dengan naik motor biasa. Naiknya kudu seimbang kayak naik sepeda lipat yang tidak dikancingan lipatannya atau persis sepeda sirkus model patah,” wanti Ivan.

Cara berkendara seperti itu menurut Ivan karena rumah komstir sudah ditarik ke belakang, juga posisi setang berserta sok jadi sedikit selonjor. Sehingga bagian komstir dan as dibikin jadi longgar.

“Ketika belok atau saat motor didorong tanpa mesin didup, bodi motor akan maju dan sedikit agak menekuk seperti sepeda lipat saat kancingnya dilepas. Makanya kudu punya skill khusus jika ingin mengendarainya,” jelas Ivan.

Ada yang berminat mencobanya?  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban: Swallow 90/80-14 & 100/80-14
Lampu rem: Variasi
Knalpot: Custom
Spidometer: Variasi
Handphone : 0813-9239-2975

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa