Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tiger, Si Tua Makin Gaya

billy - Senin, 5 November 2012 | 11:59 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kalau enggak melihat detilnya dari dekat, siapa pun orang akan menyangka kalau tunggangan ini masuk ketegori motorsport di atas 200 cc. Ciri-cirinya bisa dilihat dari wadah air radiator segede tampah, juga rangka deltabox khas motor gede. Padahal aslinya ini hanya Honda Tiger rakitan tahun 2000.

“Gaya Tiger udah lawas. Jadi, pengin tampil lebih gress dengan dimodifikasi yang beda dari biasa. Makanya rangka dan sasis motor ini ganti model deltabox, juga mendesain ulang cover bodi agar tampilan dan konsepnya mengarah ke tampang street fighter,” terang Ahmad Indra si empunya motor.

Namun usaha Ahmad Indra mewujudkan impian tak semudah membalik telapak tangan. Sudah ke beberapa bengkel modifikasi di Jogyakarta dan sempat mendekam lama, namun tiada hasil. Sampai akhirnya di tangan Ahmad Rifai, modifikator N-Joy 76 Extreme Custom Yogyakarta, motor kelihatan bedanya.


Oleh Rifai, motor digarap secara estafet dan hanya makan waktu satu bulan untuk modif ala street fighter. “Nggak sulit karena pemilik sudah menyiapkan bahannya. Seperti sok depan upside down, monosok Satria FU, swing arm Aprilia RS125 berikut rangka dan segitiga setang. Jadi, saya tinggal rangkai dan pasang saja,” terang Rifai.

Dalam merangkai rangka dan sasis, Rifai mengaku tidak alami kesulitan. Sebab ubahan hanya fokus pada pembuatan kedudukan mesin Tiger di rangka, juga dudukan monosok atas Satria FU. Kebetulan dudukan keduanya sama-sama terpasang di rangka deltabox punya Aprilia RS125.


Nah, yang agak susah itu kata Rifai saat mendesain seluruh bodi atau full body. Mulai dari sepatbor depan-belakang, fairing, cover samping hingga buritan yang dibikin dari fiberglass agar sesuai rangka Aprilia RS125. Belum lagi desain tangki yang dibuat dari pelat besi.

“Memang sih yang dikejar tampilan bodi full. Sebab rangka dan kaki-kakinya asli Aprilia RS125 yang lumayan besar, sehingga harus disesuaikan. Tangki dibikin agak gambot dan ekor meruncing,” lanjut Rifai yang praktik di Jl. Kaliurang Km 5,6 Yogyakarta.

Selain bodi secara keseluruhan, tampilan depan yang jadi indentitas motor ala street fighter juga tidak dilupakan. Tak ayal pemilik nomor HP 081-733-7433, coba memadukan rumah lampu Honda Supra X125 dengan tampilan cover luar yang desainnya lebih banyak meruncing.

Dan hasilnya,  kini si tua yang makin gaya, enak dilihat dan siap geber. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Pelek : Brembo ring 17 inci
Ban depan : Duro 110x17
Ban belakang : Battlax 160/70-17
Setang : Custom
Knalpot : Custom

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa