Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha V-Ixion, Street Fighter Proporsional

billy - Rabu, 10 Oktober 2012 | 18:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ide kreatif bikin tampilan Yamaha V-Ixion jadi lebih menarik dilakukan Yustinus Erwan Santoso dari Insan Motor. Yamaha V-Ixion ini diubah jadi lebih kekar. Kekarnya juga bukan sekadar di area kaki-kaki, bodi juga kena sentuhan modifikasi.

Walau sepintas V-ixion ini masih terlihat biasa saja, tapi kalau sudah diamati dari dekat baru deh kelihatan motor sport 150 cc injeksi ini bergaya street fighter tulen. Bergaya street fighter dengan ubahan kaki gambot, bodi dan tangki lebih berisi.

Pemiliknya Fransisxus Xavier Budi Santosa atau akrab disapa Frans memilih aliran modifikasi ini. “V-ixion penampilannya layak seperti ini,” bilang Frans. Dimensi ubahan motor ini terbilang pas tidak terlalu kecil atau kegedean.

Tampak serasi secara keseluruhan motor ini juga perlu ada penyesuaian di beberapa bagian. Area komstir tak alami kesulitan berarti, karena asli V-ixion tinggal dipindahin ke segitiga Cagiva Planet. “Kebetulan cuma beda as komstir. Serta pakai pelek limbah ini juga tinggal bubut bushingnya aja biar pas,” bilang Yoes , panggilan builder berkaca mata itu.

Kaki belakang juga tak masalah. Yoes berinisiatif pakai swing arm model pisang dari Yamaha TZR125. Bayangkan saja kalau pakai arm moge yang lebih besar dan lebih berat. Pastinya mesin juga kena imbas jadi terasa berat tarikannya.


Motor sport injeksi dari pabrikan garputala ini memang termasuk punya bodi kecil dibanding motor sport sekelasnya. Tapi, masalah ergonomi berkendara untuk handling motor ini juga cukup mantap. “Makanya dimensi asli V-ixion yang agak kecil juga modifikasinya harus proporsional,” tambah Yoes yang asli wong Jowo itu.

Rombakan bodi juga dibuatkan dari serat fiber. Desain tangki menyerupai mo­ge. “Terinspirasi dari Cagiva Planet dan Yamaha R6,” bilang Yoes. Kontras saja tampilan V-ixion ini memang jadi beda. Lain dari yang lain.

Mulai dari sepatbor depan sampai bodi belakang memang dibuat ulang dari fiber. Inspirasi modifikasi motor ini mengarah pada motor gede macam Yamaha R6 dan Cagiva Planet, tapi sesuai dimensi dan ukurannya, ternyata bisa juga V-ixion ini tampil maksimal sesuai karakternya.

Kebetulan memang postur Frans juga memang dirasa pas dengan ubahan motornya ini. “Dengan mesin 150 cc, pemilihan kaki limbah ini juga tak kelewat berat dan kegedean,” pede Yoes yang beralamat di Jl. Swatantra 4/50 Pasar Rebo, Jati Asih, Bekasi itu.

Lebih lanjut soal warna, Frans memilih merah. “Terkesan lebih menyala dan pemberani,” cetusnya. Pastinya bikin lebih pede di jalanan. “Street fighter dengan motor 150 cc ini tak kalah keren dengan motor 200 cc ke atas kan?” bangga Frans yang memilih tinggal di apartemen ini.  (motorplus-online.com)
 

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Battlax BT92 120/70-17
Ban belakang: Battlax BT92 140/70-17
Knalpot: Custom
Spedometer: Koso
Footstep: NUI

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa