Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda GL 100, Cafe Racer Iseng-Iseng Berhadiah

billy - Sabtu, 18 Agustus 2012 | 14:55 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Café race salah satu gaya modifikasi yang pada awalnya dirancang untuk kongkow antar café. Dilakukan oleh pemuda di Inggris yang senang ngebut. Namun pada perkembangannya, saat ini modifikasi ala motor balap jadul ini sudah menjadi bagian dari fashion yang hanya menonjolkan sisi tampilannya.

Seperti modifikasi Honda GL 100 yang dilakukan oleh Kamal Firdad dari Safari Motor. Meski awalnya mengaku enggak betah melihat motor dengan tampilan biasa saja nongkrong di bengkel, namun hasilnya istimewa.

Bahkan, saking luar biasanya bukan cuma bikin orang melirik tapi ‘kepincut’ ingin memilikinya. Seperti Rizal, biker asal Negeri Jiran yang tertarik. Cita-citanya terwujud untuk memiliki Honda GL 100 garapan Kamal ini.

Menurut Kamal, Rizal suka dengan motor tampilan café racer yang punya nuansa klasik, padahal awalnya Kamal hanya iseng ngemodif motornya. “Enggak ada niat buat dijual bro, makanya kaget kalau ternyata ada orang yang mau beli motor saya,” ungkap Kamal.

Sesuai dengan konsep, ubahan yang dilakukan hanya cenderung pada tampilan dan mempertahankan nilai orinisilnya, dan terkesan enggak berlebihan. Menurut builder yang berambut gaul ini hanya memanfaatkan part yang ada di bengkel saja, selain itu biar ada nuansa klasik juga mempertahankan part aslinya. “Namanya juga iseng jadi ubahan engga terlalu ekstrim,” tambahnya.


Part orisinil yang dipertahankan meliputi sokbreker depan yang dianggap serasi dengan bodi yang tidak terlalu gendut. Selain itu, rem depan juga masih dipertahankan karena dianggap masih mumpuni dan dapat menambah kesan klasik karena peranti ciet bawaan pabrik itu posisinya berada di kiri. Begitu juga perangkat pengereman pada bagian belakang yang dipadukan lengan ayun yang masih dipertahankan.

Ubahan yang dilakukan hanya memotong rangka belakang, “sengaja saya potong rangka ekor sekitar 1 cm yang saya rasa terlalu panjang,” kata Kamal yang buka workshop di Jl. Raden Saleh No. 10A, Karang Mulya, Karang Tengah, Ciledug, Tangerang.

Rangka tadi dibalut bodi yang dicustom ulang dengan menggunakan bahan galvanis setebal 0,8 mm. Dipadukan warna cokelat tua dan muda yang efeknya membuat motor lebih klasik.

Selain itu, tangki made in Kamal dibentuk menyesuaikan rangka Honda GL 100. Kemudian dikasih tambahan variasi handmade dengan konsep minimalis.

Lebih sip, buntut tawon ciri khas café racer dikombinasikan dengan jok kulit yang warna coklat. Agar dapat memberi kenyamanan saat riding.   (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Setang : Bitwell café racer
Knalpot : Supertrap
Footstep : Honda CBR 400
Spidometer : Hyosung RX
Safari Motor : (021) 9900-9003

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa