Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CBR 250R, Cafe Racer Solusi Cerdas

billy - Kamis, 19 Juli 2012 | 09:40 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kecelakaan yang dialami Iman Setiawan tak membuatnya trauma buat tetap berkendara. Malah, Honda CBR 250R miliknya yang crash bersamanya itu pun dimodif. Wah, biker sejati nih! “Ketimbang dibalikin ke kondisi standar biayanya mahal. Jadi, lebih baik langsung dimodif. Selain akali biaya, juga bikin tampilan makin fresh,” kata Iman yang wiraswastawan di salah satu tempat perbelanjaan di Jakarta.

Iman memboyong CBR 250R itu ke Hantu Laut (HL) di Jl. H. Nawi, Gg. H. Jeni, No. 78 Jakarta Selatan. “Iman minta CBR ini dimodif ulang ala new café racer sekaligus perbaikan karena motor dalam keadaan mati. Setelah ditelusuri, ternyata ada ground yang enggak nempel. Akibatnya hilang kontrol dari ECM,” jelas Donny 'Batax' Permana, selaku komandan HL.


No caption
No credit
No caption
Setelah tahu penyebab utama engine tak mau hidup, project cafe racer pun dimulai. Kedua bagian sasis tubular belakang atas-bawah dipotong. Gantinya, pipa besi tebal 1,5 mm dibikin posisinya jadi lurus dan agak turun.

Cara lasnya seperti penyambungan ketika mengalami patah tulang. Sebelum sasis baru disambungkan, dilakukan dulu stut pen atau penanaman besi ke rangka original. Setelah itu, baru dilas agar kuat dan tidak mudah patah.

Buat atasi tangki bahan bakar, doi te-rapkan sistem kondom dari pelat besi tebal 0,9 mm. Alasannya karena pompa bensin CBR 250R terdapat di dalam tangki. Ini dilakukan biar enggak repot. Pemasangan kondom pun melalui proses pengelasan di beberapa titik tangki.


Menguatkan konsep cafe racer, bodi belakang CBR diganti bodi buatan yang dibentuk dari pelat besi tebal 0,9 mm. Pastinya, desain bodi menyerupai buntut tawon yang jadi ciri cafe racer. "Bodi ini juga sekaligus untuk tempat penyimpanan aki," tutup Donny.  (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa