Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Scoopy, Klasik Tapi Mau Sporty

Billy - Selasa, 3 Juli 2012 | 07:24 WIB
Honda Scoopy, Klasik Tapi Mau Sporty
Andika
Honda Scoopy, Klasik Tapi Mau Sporty

Honda Scoopy, Klasik Tapi Mau Sporty
Andika
Honda Scoopy, Klasik Tapi Mau Sporty
Gaya modifikasi yang nabrak, nongol pada Honda Scoopy milik Zaky Ardani asal Semarang, Jawa Tengah. Konsepnya, mirip dengan yang berkembang di Jepang. Tapi, nuansa klasik khas Scoopy dipadukan konsep modifikasi beraliran sporty. “Memang dasar Scoopy old school, namun saya ingin padukan dengan konsep sporty modern,” buka lajang yang tampil nyentrik ini.

Cukup sederhana mengembangkan dua konsep ini. Nuansa sporty dikejar dengan aplikasi komponen pendukung biar makin racing. Contohnya comot setang jepit Ride It. Dudukan yang simpel dan bolt on, mempermudah mengubah tampilan ala balap.

"Cuma menyesuaikan tinggi setang dan sudut setang saja agar lebih ridiable dipakai. Apalagi motor dipakai harian dan juga buat berangkat kuliah,” cuap Zaky yang sekolah di Jurusan Komunikasi Visual, Udinus, Semarang.

Aroma ala racing juga nampak pada buritan. Sepatbor belakang sengaja dicopot, pilihan pernik buritan simpel lebih menonjol. Lampu stop misalnya, anggota Scoopy Owner Semarang (SOS) ini lebih pilih kreasi sendiri, bukan comot produk variasi. Makanya terlihat lucu juga dengan bodi Scoopy yang gembung dipadukan lampu belakang Daihatsu Xenia.

Sedangkan lampu depan masih dipertahankan asli, cuma reflektor dalemannya yang diubah agar makin menarik dengan lis biru. Nuansa sporty bagian depan makin nongol dengan sein depan Yamaha Jupiter MX 135LC.

 
Aplikasi ini merupakan konskuensi pemakaian setang jepit. Sebab Scoopy aslinya memiliki lampu penanda belok depan pada setang. Buat bagian ini Zaky dibantu Hartono Airbruss yang juga di Semarang. Termasuk, grafis bodi baru yang dikelir pada semua lekuk Scoopy.
Honda Scoopy, Klasik Tapi Mau Sporty
Andika
Honda Scoopy, Klasik Tapi Mau Sporty
Nilai keselarasan warna dan pernik yang dipakai menjadi tolok ukur hasil. Makanya Zaky dan Hartono bukan asal tempel variasi dan labur bodi, tapi menggunakan perhitungan yang matang.

Semua, berlaku hingga bagian detail yang merupakan kesatuan dari modifikasi. Misalnya pernik kecil seperti spion dan grip gas dipilih yang berkelir emas agar terlihat mewah. Asyik bray!

FINISHING MANTAP
Mengimbangi pemakaian se­tang model jepit, spidometer Scoopy yang unik perannya digantikan dengan spido aftermarket buat dukung konsep sporty.

Nilai dinamis modifikasi pun nampak pada jok, bukan model biasa tentunya. Namun memiliki grafis macam emboss bergelombang. “Bagian ini saya serahkan pada Hartono agar hasilnya sempurna,” cuap Zaky yang doyan turing ini.

Bodi full kreasi difinishing dengan kaki-kaki ala balap tentunya. Pelek comotan Power terlihat apik dengan kombinasi ban Indotire, apalagi Zaky memilih ukuran besar agar pas dengan konsep yang ala racing, dan tentunya pas dengan bodi yang membulat. Sistem ajrutan depan belakang pun diganti,

“Redaman lebih enak dipakai di jalanan Semarang yang naik-turun, dan tentu saja lebih gaya,” tutup Zaky yang berkumis tipis ini. Suit suit! (motorplus-online.com)

 

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa