Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda C70, Retro Yang Fresh!

Billy - Senin, 9 Juli 2012 | 10:26 WIB
Honda C70, Retro Yang Fresh!
Lomo
Honda C70, Retro Yang Fresh!

Honda C70, Retro Yang Fresh!
Lomo
Honda C70, Retro Yang Fresh!
Honda C70 milik Egi ini, tampil retro. Modifikasi murni garapan Aditiawan yang pemilik bengkel Newspeed Garage. Kesan klasik, kini seakan luntur lewat tampilan fresh dan modern karena mengandalkan kaki-kaki yang kekar. Makin fresh, karena dipadu cat kuning buat sasis dan putih pada bagian sayapnya.
 
Masalah kaki-kaki khususnya ban, pria yang akrab disapa  Didit ini mengaplikasi ukuran 130/70-17 buat belakang. Sedang depan, dibuat lebih kecil. Yaitu, cukup 100/80-17 saja. Selain bikin besutan terlihat kekar, tujuannya agar handling juga mantap.
 
Kesan retro juga mencuat lewat pemakaian setang telanjang alias naked tanpa balutan headlamp yang menjadi kesatuan. “Menggunakan setang milik Kawasaki Ninja 150R, pengendali laju ini sedikit dicustom,” ucap pemilik workshop yang sejatinya bengkel mobil ini.

Setang dicustom buat keperluan indikator berkendara. Yaitu, sedikit dicoak untuk memasang panel lampu sen. Lewat cara ini, kabel-kabel bisa masuk ke dalam setang. Jadi, tidak terkesan berantakan.

Permainan custom, tidak cukup sebatas setang. Tapi, boks tutup aki pun ikut dibikin beda. Bermodal dempul, boks orisonal seakan terbuat dari besi. Itu karena ada garis-garis yang seolah membentuk sirip layaknya blok silinder.

Honda C70, Retro Yang Fresh!
Lomo
Honda C70, Retro Yang Fresh!
Sebenarnya, bagian depan masih menggunakan sok standar milik C70. Tapi, agar tetap nyaman ketika dipakai berkendara, maka perbaikan ikut dilakukan. Bushing as roda bawanan C70 ini terbuat dari karet. Tapi, bakal kurang aman untuk berkendara. “Soalnya kaki-kakinya kan sudah besar,” ungkap Didit yang bengkelnya di Jl. H. Zainudin No. 27, Radio Dalam, Jakarta Selatan.

Bushing asli diganti pakai milik Yamaha Vega R. Selain kuat, kestabilan motor juga terjaga. Prosesnya, juga cukup memakan waktu. Sebab lengan ayun yang busingnya standar, dibor telebih dahulu. Lalu bushing milik Vega R dicocokkan agar bisa masuk kelubang lengan ayun milik C70 itu.

Cara pemasagan roda depan pun tidak kalah rumit. Agar ban depan yang lebarnya sudah 100/80-17 itu bisa masuk, jarak sok kanan dan kiri yang aslinya sempit, dilebarkan. Prosesnya membutuhkan bantuan pelat tebal yang diakali dari segitiganya. “Pokoknya, proses pengerjaan C70 ini cukup memakan waktu kurang dari satu bulan kok,” tutup Didit.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 100/80-17
Ban belakang : Corsa 130/70-17
Knalpot : Standar C70
Pelek belakang : Rossi 3,5x17
Newspeed Garage : 0812-8222-7087

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa