Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Scorpio, Ala Aprilia RSV4 Versi Balap

billy - Selasa, 3 Juli 2012 | 13:33 WIB
Yamaha Scorpio bodi Aprilia RS4
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio bodi Aprilia RS4

Aprilia RSV4 salah satu moge sport Itali yang punya desain unik. Faktor inilah yang membuat Rudy Suhendra kepincut ingin memilikinya.
 
Tapi, bukan besutan built up yang didatangkan langsung dari Negeri Pizza tersebut. Melainkan doi modifikasi total Yamaha Scorpio dibuat semirip mungkin dengan RSV4 yang aslinya 1.000 cc itu.

Bagi Wardoyo dari rumah modifikasi G2C, bukan pekerjaan mudah buat mewujudkan keinginan Rudy. “Pemilik motor menginginkan detailnya dibuat semirip mungkin dengan RSV4 versi balap. Utamanya lekukan fairing dan bodi belakang yang khas,” ujar Wardoyo.

Yamaha Scorpio bodi Aprilia RS4
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio bodi Aprilia RS4
 Bila mengandalkan gambar yang didapat dari referensi searching di google, pastinya bakal sulit untuk mengolah bahan pelat yang jadi andalan bengkel G2C untuk menggarap bodi motor. Solusinya Wardoyo harus ngemal dari bodi motor Aprilia RS4V aslinya.

“Kebetulan ada rekanan bengkel modifikasi yang punya cetakan fiber dari bodi aslinya. Nah, saya mengandalkan hasil cetakan fibernya untuk ngemal seluruh bagian bodinya untuk dibuat ulang dengan pelat,” jelas modifikator asal Sragen, Jawa Tengah itu.

Yamaha Scorpio bodi Aprilia RS4
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio bodi Aprilia RS4
Namun bila mengikuti dimensinya dengan yang asli, pastinya bakal kedodoran saat dipasang ke rangka Scorpio. Makanya saat ngemal ulang dan bikin bodi baru dari pelat galvanis, Wardoyo berusaha mengikuti dimensi Yamaha Scorpio. Agar bisa proposional alias ideal dipandang.

Untuk rangka yang aslinya model tubular, harus diganti jadi deltabox layaknya motorsport sejati. Makanya rangka tengah dibuatkan kondom deltabox dari pelat dengan sistem knock down.

 
DATA MODIFIKASI
Ban depan : Swallow 110/90-17
Ban belakang : Swallow 160/60-17
Pelek : Variasi lokal
Footstep depan : Suzuki GSX-R400
Knalpot : Custom G2C
Setang : Aprilia RS125
G2C : 021-4642-7753 
 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa