Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Megapro, Nyentrik Pakai Tangki di Ekor

billy - Kamis, 7 Juni 2012 | 15:47 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
Dalam modifikasi, builder punya ritual sendiri dalam tes ride hasil karyanya. Seperti Agus Djanuar from Purwokerto, semua modifnya selalu dibawa turing. Hasilnya dijadikan masukan untuk perubahan konsep bodi. Perbaikan dari beberapa kelemahan yang ditemukan dari jalan jauh.

“Ketika turing terjatuh bikin tangki penyok, setang patang dan sebagainya. Dari situlah muncul perubahan konsep dari bentuk motor konvensional jadi tanpa tangki di depan dan sedikit bergaya supermoto namun ceper,” buka pemilik rumah modifikasi XK Bike Design (XKBD) itu.

Detail motor berubah, tangki yang biasa di bagian depan dipindah ke buntut, “Antisipasi jatuh, sehingga aman dari benturan,” yakin Wawang Rambo, tangan kanan Agus DJ.

Namun tentu saja aura West Jateng Style (WJS) masih terasa sangat kental. “Bodi tentu lebih simpel, permainan bodi lebih sederhana,” cuap Wawang.

Dasarnya XK Bike Design lagi senang dengan sasis nongol keluar macam tubular. Makanya frame dibuat dari pipa seamless 1 inci dengan dudukan depan pada sasis belakang komstir. Untuk bagian tengah nemplok pada center back bone. Sengaja dibuat melengkung natural senada lekukan jok. Menjulur hingga bagian bawah as swing arm.


Agar makin padat, rangka tubular nyambung dudukan tulang belakang mengandalkan pelat 4 mm. Frame ini juga sekaligus sebagai dudukan tangki yang pindah di buntut. Walaupun terlihat kecil dan pipih namun masih bisa menyimpan 5 liter BBM.

Untuk panel depan, detail lampu jadi estetika sesuai konsep. Memakai material dasar reflektor lampu depan Yamaha Mio. Bagian ini diracik dari material comotan cover lampu Honda Tiger Revo. Terlihat sederhana memang, namun bagus.

Termasuk desain shroud samping tangki sengaja ditemplokin di bawah sasis tubular. Kreasi ini semata untuk menyesuaikan konsep simpel. Bukan asal nempel atau sebatas aksen visual doang. Namun memiliki fungsi sebagai corong penangkap angin.  (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : FDR 100/70-17
Ban belakang : Pirellii 180/60-17
Lampu belakang : LED
Pelek : Rossi
Sok depan : Yamaha TZM
Sok belakang : Honda NSR
Swing arm : Handmade
Setang : MFFS
X-K Bike design : 0816-6929-64

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa