Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tiger Revo, Penantang Street Fighter

Dimas Pradopo - Rabu, 18 April 2012 | 18:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Dibalik kuatnya idealisme street fighter (SF) di Kota Purwokerto, ternyata masih ada builder yang membuat modifikasi fairing ala racing. Dialah Suswanto, pemilik sekaligus builder dari Billy Custom (BC), Purwokerto. Coba aplikasi di Honda Tiger Revo.

“Saya ingin menonjolkan kesan bahwa Purwokerto tidak hanya memiliki modifikasi SF. Namun tampilan fairing yang sudah lama tak nampak masih bisa nongol lagi,” buka modifikator gaol disapa Wanto ini.

Tentu saja agar bagus konsepnya harus jelas, biar terlihat benar-benar ala racing. Makanya konsep mengambil dari produk motor KTM seri RC8. Penerapan konsep RC8 tentu mendapat revisi sesuai sasis Tiger Revo yang kecil. Alias tidak asal caplok, namun memakai perhitungan dimensi dan proporsional.

No caption
No credit
No caption

Contonya ketika aplikasi tulang belakang yang nungging abizz. Frame buritan asli dipangkas mulai ujung belakang sampai tulang yang nempel di belakang centre back bone. Otomatis sasis asli hanya tersisa pada bagian atas mesin hingga as lengan ayun saja. Sebagai sasis baru, Wanto memakai pipa 22,5 mm untuk bagian dalam bodi buritan.

Sedangkan untuk sasis tralis, builder ramah ini memakai pipa 1 inci. Bukan cuma pajangan lho, frame tralis ini, benar-benar berfungsi. Sebab tulang ekor bagian bawah nemplok di sasis tralis ini.

Untuk proporsional bodi, memang sangat diperhatikan, termasuk untuk fairingnya sendiri, “Saya perhitungkan dan diolah dalam sketsa, agar hasil akhir matang. Termasuk pola windshield,” promo builder yang buka gerai di Jl. Unwiku No. 26, Karang Salam, Purwokerto.


Makanya bentuk akhir sangat mirip RC8, aplikasi setang jepit pendek pun identik motor asal Austria itu. “Memang untuk setang dibuat hampir sejajar dengan tinggi jok agar seperti motor aslinya,” cuap builder yang masih memakai sok depan orisinal Revo ini.

Sedangkan komponen kaki-kaki buritan, ayah satu putra ini part hand made. Untuk bentuk tentu saja menyesuaikan dimensi motor. Materialya menggunakan pelat besi 4 mm yang diolah sesuai konsep.

Tinggal finishingnya, bodi dilabur hitam oranye sesuai identitas KTM yang bukan Inul ini. Racikan kelir ini kombinasi Lessonal dan Sikkens untuk polirednya agar kinclong. (motorplus-online.com)

 DATA MODIFIKASI
Ban depan : Corsa 110/70-17
Ban belakang : Corsa 150/70-17
Sok belakang : Satria 120
Pelek : Rossi
Lampu : Variasi
BC : 0852-2796-6604
 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa