Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Scorpio, Perpaduan Dua Aliran

billy - Rabu, 4 April 2012 | 15:49 WIB
Yamaha Scorpio, Perpaduan Dua Aliran
Boyo
Yamaha Scorpio, Perpaduan Dua Aliran

Yamaha Scorpio, Perpaduan Dua Aliran
Boyo
Yamaha Scorpio, Perpaduan Dua Aliran
Street tracker hasil garapan dua aliran
Begini hasilnya jika dua orang beda aliran bertemu dalam satu modifikasi. Hezi Satria sang pemilik Yamaha Scorpio ingin gaya Jap style.
 
Sedang Soewiryo Adi Wijaya yang modifikator punya selera chopper. Kalajengking pun jadi street tracker, yang merupakan kombinasi Jap style dengan variasi chopper.

Langkah yang digarap ubah chasis. “Rangka asli cuma diambil bagian depan sampai dudukan mesin atas tepat di bawah tangki. Lalu potongan rangka disambung ke belakang dengan pipa besi simleas tebal 3 mm,” buka Wiryo, sapaan karib modifikator Wieryo Custom itu.

Lalu rangka buritan dicustom ulang ala Jap style sesuai permitaan Hezi. Didukung jok berbalut kulit sintesis MBtech dipadu cover tutup aki dan tangki bensin dari pelat besi 0,8 mm.

Nah, supaya motor nyaman ketika diajak riding, harus didukung suspensi mumpuni. Sok depan comot dari Yamaha Byson yang dikrom agar tampilannya eye cacthing, sedangkan sokbreker belakang menggunakan Honda Tiger yang dibalik cara pemasangannya. “Sengaja agar unik tanpa mengurangi fungsinya,” beber Hezi.

 
Di bagian kaki belakang, swing arm handmade memanfaatkan besi seamles. “Kalau buat arm pilih yang tebalnya 4 mm. Biar kuat,” ungkap Wiryo yang bengkelnya ada di Jl. Cipinang Muara II, No. 53, Jatinegara, Jakarta Timur.

Sedang urusan peranti ciet belakang andalkan cakram Ninja R250 dengan kaliper rem milik Honda Tiger plus master rem Kitaco. Lalu di depan, piringan Ninja 250R dipadu kaliper rem Aprilia RS125 dan master rem Scorpio.

Nuansa chopper kental begitu pria Asli Brebes, Jawa Tengah ini, menambah variasi khas chopper. Contoh tutup tangki mahkota raja, headlamp dan footstep model serba runcing. Bahkan posisi kunci kontak yang pindah ke bawah, mirip chopper tahun 80-an dengan dudukan kunci kontak lambang independent.

Soal warna, Hezi pilih magic gold yang memiliki keunikan jika terkena sinar matahari. Apalagi dipadu airbrush motif batik. “Warna magic gold itu unik. Emasnya bakal terlihat jelas ketika kena sinar matahari,” tutup bapak satu anak ini.


Paduan harmonis bro…

 DATA MODIFIKASI
Ban depan : Dunlop 120/70-17
Ban belakang : Bridgeston 190/50-17
Headlamp : Variasi Chopper
Handgrip : Variasi chopper
Knalpot : Wieryo Custom
Kunci kontak : Colt Diesel


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa