Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Tenere XT660Z ABS & Scorpio Z, Ubahan Khusus Ring of Fire

Dimas Pradopo - Minggu, 25 Maret 2012 | 11:41 WIB
Yamaha Tenere XT660Z ABS & Scorpio Z, Ubahan Khusus Ring of Fire
ASR
Yamaha Tenere XT660Z ABS & Scorpio Z, Ubahan Khusus Ring of Fire

Yamaha Tenere XT660Z ABS & Scorpio Z, Ubahan Khusus Ring of Fire
ASR
Yamaha Tenere XT660Z ABS & Scorpio Z, Ubahan Khusus Ring of Fire
Yamaha Indonesia tidak main-main perihal dukungannya terhadap tim Ring of Fire Adventure (RoFA). Buktinya, Yamaha mendatangkan 5 buah Yamaha Tenere XT660Z ABS dengan spesifikasi Eropa. Selain itu ada juga 2 buah Yamaha Scorpio Z sebagai pendamping dari Yamaha Tenere.

Agar memudahkan perjalanan, modifikasi kedua tipe motor ini pun harus dilakukan. Mengingat rute yang ditempuh sangat menantang. Rombongan yang dipimpin oleh Youk Tanzil akan melintasi kota-kota pulau di Sulawesi dan Maluku.

Start pada 8 April 2012 mendatang, rute yang dilalui mulai dari Makassar–Maros–Banti Murung–Tana Toraja–Suroako–Kendari–I. Muna–Pulau Buton–Poso–Tanjung Api–Palu–Gorontalo–Tomohon–Manado–Bitung.
 
Lalu ke Maluku. Mulai dari Ternate–Halmahera-Pulau Morotai–Tidore–Bacan–Ambon–Pulau Buru–Pulau Seram–Pulau Saparua–Pulau Banda Naira–menyebrang ke Surabaya dan finish di Jakarta.

Sebelumnya RoFA telah sukses dengan ekspedisi fase pertama yang dilakukan pada April 2011 lalu. Saat itu, selama 55 hari tim RoFA menempuh rute Kupang-Timor dengan total jarak 6.000 km. Tim ini juga melalui 9 provinsi dan 5 gunung berapi.

Yuk kita lihat detail modifikasinya. Mulai dari Yamaha Tenere XT660Z ABS. Motor ini mengusung mesin 1 silinder 660cc, mesin SOHC 4 klepnya memiliki torsi besar. Yamaha mengklaim 58 Nm di 5.500 rpm. Sedang powernya mencapai 48 PS pada 6.000 rpm.

 
Jarak main suspensinya juga panjang, mirip motor trail. Sokbraker teleskopik di depan mampu bergerak sejauh 210 mm. Kombinasi roda depan dan belakangnya juga sdah trail tulen. Ring 21 inci di depan roda depan dan 17 di belakang. Jadi jangan heran jika motor bergenre adventure ini tidak terlalu banyak mengalami rombakan.
 
”Kami hanya menambahkan beberapa box yang dipasang di samping kiri dan kanan. Box-nya sendiri, kami menggunakan buatan Indonesia yang didisain khusus untuk perjalanan kali ini," jelas Youk Tanzil.

"Selain itu ditambah juga dengan beberapa perangkat elektronik dari Panasonic,” sambungnya. Beberapa piranti navigasi, GPS hingga perangkat komunikasi juga memenuhi panel indikator di depan setang.

Yamaha Tenere XT660Z ABS & Scorpio Z, Ubahan Khusus Ring of Fire
ASR
Yamaha Tenere XT660Z ABS & Scorpio Z, Ubahan Khusus Ring of Fire
 
Sedang 2 buah Yamaha Scorpio Z yang ikut serta, butuh lebih banyak modifikasi. Suspensi depan misalnya, diganti upside down dari Showa. Pelek jari-jari ring 17 inci juga menggantikan pelek palang 18 inci bawaan motor.

"Lainnya paling ban diganti menggunakan semi trail. Setang juga diganti pakai punya trail,” jelas Indra Dwi Sunda, PR Corporate & Communication Head Yamaha Indonesia. "Sedang mesinnya tidak mengalami modifikasi, karena sudah dirasa cukup untuk menaklukan jalur yang akan ditempuh oleh team Ring of Fire Adventure,” ungkap Indra.

Yamaha Yamaha Scorpio Z sebagai pendamping dari Yamaha Tenere XT660Z ABS akan dipakai oleh 2 rider wanita. "Wanita tidak mungkin menggunakan Yamaha Tenere XT660Z ABS. Karena bobot dan tingginya yang tidak cocok," sambung Youk Tanzil. 

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa