Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Byson, Konsep Yamaha FZ1

Dimas Pradopo - Senin, 26 Maret 2012 | 10:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Konsep dasar antara Yamaha Byson dan Yamaha FZ1 memang agak mirip. “Makanya untuk mengubah Byson jadi FZ1 hanya perlu penambahan beberapa part yang bersifat bolt on saja,” kata Rudi Gunawan dari Berkat Motor di Jl. Ciledug Raya, No. 1E, Kreo, Ciledug, Tangerang.

Itu yang membuat Nurul Huda, sang pamilik motor ini optimis sebuah tunggangan kesayangan akan jadi lebih sip. Begitu Byson keluar dari dealer, langsung dimodifikasi.
No caption
No credit
No caption
  
Deltabox, bikin konsep makin kekar
Kebetulan setelah browsing, ketemu konsep dari Yamaha FZ1. “Simpel tapi sangar,” jelas Nurul Huda yang berusia 30 tahun dan yang tinggal di Komplek Taman Asri, Ciledug, Tangerang.

Beruntung bagi Huda, begitu doi disapa. Sebab, Rudi Gunawan paham betul kemauan Huda. Konsep FZ1 yang diinginkan, mudah diimplementasikan ke Byson.

Dipilih peranti bolt on, karena Huda tak ingin mengubah ekstrem pacuannya. “Lantaran lewat peranti bolt on saja sudah bisa bagus kok,” timpal Huda.

No caption
No credit
No caption
Sepatbor standar cuma tambah kuping. Single seater tapi bisa dilepas buat boncenger
Mulai dari depan. Buat percantik tampilan sepatbor, part yang berfungsi menahan cipratan air dan kotoran dari ban itu diberi pemanis. Maksudnya, diberi ‘kuping’ tambahan di bagian sisi samping yang bersifat bolt on. Pemasangannya juga tetap diposisikan di lubang baut sepatbor. Jadi, tak perlu braket lagi.

Merembet ke bagian engine, sejatinya FZ1 mengadopsi cover engine bawah. Begitu juga di Byson ini. Cover engine yang terbuat dari bahan fiberglass dipasang sebagai penguat aksen mesin agar tampak lebih besar juga kekar.


Kesan kekar itu makin diperkuat lewat aplikasi part deltabox yang juga terbuat dari serat kaca alias fiberglass. “Deltabox ini mengambil dudukan di cover bodi samping,” timpal modifikator dua anak itu.

Buat sektor buritan, pemakaian cover jok membuat Byson seakan jadi pacuan single seater. “Demi kuatkan konsep sangar, warna dipilih dari FZ1 yang hitam-kuning,” tutup Rudi. Keren! (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : IRC 100/80-17
Ban belakang : IRC 120/80-17
Berkat Motor : (021) 935-17093

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa