Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha XS-650, Choppers Kenny Roberts SR

billy - Kamis, 26 Januari 2012 | 16:55 WIB
No caption
No credit
No caption

 
No caption
No credit
No caption
 
Em-Plus
jadi saksi ‘kelahiran’ proses customized Yamaha XS-650 garapan sang maestro Dodi Irhas, punggawa Dodi Chrome Cyles  (DCC) ini. Mulai cari mesin, pembangunan sasis dan detail sempat terpantau terus dengan rasa penasaran. Gimana jadinya kira-kira, karena sang builder yang sering menggarap Harley-Davidson ini main motor Jepang atau Jepangan.

“Bentuk mesin dan karakter XS-650 cocok jadi chopper,” kata Dodi di bengkelnya pada suatu waktu. Apalagi ownernya, Rama Aditya Adikusumah tergolong new blood di klub mereka, Cosanostra MC Jakarta.

XS-650 yang meledak-ledak dan kencang pastinya cocok untuk mahasiswa psikologi Universitas Indonesia ini. “Motor ini termasuk legendaris? Selain jadi motor polisi yang sering mengejar motor kencang, juga punya tempat di hati speed junkie. Pernah jadi tunggangan andalan Kenny Roberts Sr, juara dunia grasstrack di Amerika pada masanya,” tambah Wahyudin Adikusumah, bokap Rama yang memang pecinta custom.

He..he.. bisa dipastikan Bro Wahyudin juga yang ‘ngeracunin’ putranya jadi psychocycle tulen. Sama dengan bapaknya.

Sudah jadi ciri khas, garapan DCC mengedepankan detail dan rapi setiap bagian. Untuk sasis, menganut softail dalam balutan choppers new school double down tube dengan high neck di level menengah.

Karena untuk daily riding, Dodi pilih rake standar dan ergonomi rider ideal biar enggak bikin pegal. Raiser pendek dan setang bullhorned agak baplang meringankan handling. “Ideal dipakai kuliah atau turing jauh.”

Namanya builder berpengalaman, Dodi terbilang teliti mengharmonisasikan  sinergi antarkomponen di motor ini. Bagian depan, sok dibungkus pelat agar tampak berotot.

Detail di tangki juga disasar mewah. Tutup tangki comot variasi unik berbentuk dua sayap berdampingan dengan spidometer standar Amerika, Mile Per Hour (MPH) dan petunjuk RPM. Dari sini, unsur mewah dan garapan serius tampak jelas.

“DCC juga ingin motor bersih dan simpel. Konstruksi softail enggak kelihatan dan ditutupi pelat. Sekilas motor seperti aliran outlaws dengan karaktar hardtail alias rigid. Padahal enggak softail tulen,” tegas Rama.


Detai Pin Strip Dan Gold Leaf
Kenyamanan softail ditambah lagi jok single sitter ala sadel kuda untuk menguatkan gaya ol skool chop di motor ini. Pilihan single ini juga yang membuat motor semakin simpel.

Nggak mau tanggung,  ia mengontak Ikman Setiadi, punggawa Buretos Leather Bandung, untuk mengerjakannya. Teknik ukir kulit yang dilakoni membuat tampak semakin mewah.

Ditambah, kerja bareng Yudi 3D, ahli painting dari Jakarta yang spesialisasi freehand. Menambahkan teknik gold leaf stripping. Warna black vivid membuat motor ini jadi tampak mewah tapi enggak berkesan poser.  (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Jok: Buretos
Painting: Yudi 3D
Rekondisi Mesin: Unyil Shotokaw
Rem: Orisinal H-D FXR
Karbu : Dobel barrel Standar X2,
Muffler : Harley-Davidson Screaming Eagle Pengereman: H-D FXR

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa