Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tiger, Gabungan 2 konsep

billy - Jumat, 20 Januari 2012 | 14:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Rofik Maulana yang warga Sragen itu berdiskusi panjang dengan Ida Kristiawan, punggawa rumah modifikasi KAC (Kaloran Auto Custom), Gemolong Sragen. Menyatukan konsep ubahan Honda Tiger 2001 milik Rofik dan selanjutnya menyepakati proyek modifikasi yang akan diwujudkan.

"Intinya mau menggabungkan konsep street fighter dengan minor fighter," ucap Doel, panggilan sang modifikator sehari-hari. Masing-masing konsep, menurut Doel punya ciri. Streetfighter punya ciri lekuk bodi cenderung lancip-lancip. Hal begitu enggak sulit karena bahan dasar tangki, buntut bodi, deltabox, sepatbor depan, tudung mesin bawah semuanya menggunakan pelat 0,9 mm yang dibentuk serba lancip.

Yang perlu perhatian lebih bila dikolaborasi dengan konsep minor fighter. Berdasar pengamatan modifikator yang asli Gemolong Sragen tersebut, style modif yang kondang dari bumi Puertorico (Purwokerto) punya posisi headlamp rada rebah dan tak sungkan mengubah sudut komstir. Satu lagi dimensi motor cenderung cekak (pendek,red).

Ubahan sudut komstir itulah yang mendapat perhatian khusus dalam prosesnya. Pasalnya berpengaruh pada kestabilan, apalagi motor ini diklaim buat harian. Maka prosesnya enggak dibuat radikal apalagi sampai centang macam motor chopper.

No caption
No credit
No caption

"Pipa batang komstir enggak sampai dilepas dari rangkaian sasisnya. Cukup dicoak bagian bawahnya saja sekitar 3 cm. Selanjutnya dimiringkan ke depan dan dilas lagi yang kuat," papar modifikator yang dikaruniai 2 orang putri tersebut.

Sasis belakang asli sudah enggak ada. Gantinya rangkaian tulang baru yang dibuat dari pipa kotak setebal 1 mm dan dilas rapi. Alhasil bodi custom dari pelat bisa pas teraplikasi di situ.


Headlamp Mata Elang
Tak kalah menarik pilihan headlamp yang dicomot dari Honda Supra X125. Diklaim seolah mata burung Elang. Memang itu maunya Rofik.

Doel yakin bahwa headlamp bawaan bebek Honda tersebut dianggap paling mendekati. Apalagi bila dibungkus bodi pelat yang seirama dengan kontur bodi keseluruhan.

"Yang jelas bentuk headlamp dipilih ini juga mewakili konsep modifikasinya," yakin pebengkel yang juga hobi ngetrail itu. Pilihan yang benar-benar pas dengan aliran cuztomizingnya. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Corsa 110/70-17
Ban belakang : Corsa 130/70-17
Pelek : Sprint
Rem belakang : Cakram Suzuki Satria
Sok depan : Upside down
Monosok : Suzuki Satria
Swing arm : Custom
KAC: 0852-2923-7076


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa