Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Dream Super Hawk, Uprising Style

billy - Jumat, 6 Januari 2012 | 09:38 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Suatu kebanggaan bisa memiliki Honda Dream Super Hawk 305 cc ini. Pasalnya punya histori yang mendalam bagi pabrikan Honda. Merupakan varian pertama sport Honda dengan kapasitas mesin besar yang menembus pasar Eropa dan Amerika.

Oleh Hardian Thomas, sang pemilik motor yang memiliki dapur pacu dua silinder segaris ini direstorasi. Konsep ubahan bergaya café racer. “Bodinya dimodif seperti desain motor balap zaman dulu saat motor ini berlaga di trek balap legendaries Isle Of Man sekitar era 60-an,” jelas pria yang tinggal di Cinere, Depok ini.

Untuk merealisasikan hasratnya, Thomas merujuk besutan ini ke rumah modifikasi Uprising. “Untuk tampilan café racer terpaksa harus melepas beberapa part standarnya. Seperti sepatbor, jok, dan knalpot bawaan motor,” jelas Ariadi Purnomo, builder sekaligus owner Uprising yang bertempat di Jl. Tirtayasa, Jakarta Selatan.

No caption
No credit
No caption

Areal rangka standar hampir tidak di usik, alias tetap dibiarkan standar. “Memang untuk tampilan café racer biasanya rangka bawaan tidak dipotong-potong,” timpal Hermawan Baskoro yang akrab di sapa Rio. Dia dari rumah modifikasi Pistone Terasse yang ikut menggarap Honda Dream ini.

Sebagai gantinya beberapa part yang dilepas lantas diganti komponen custom. Seperti sepatbor depan dibentuk ulang, modelnya dibuat simpel hanya menyisakan ¼ bagian roda saja. Sedangkan penutup roda belakang malah dibuat minimalis. Hanya nempel sedikit di belakang rangka.

“Areal tangki sengaja tidak ada perubahan. Masih dipertahankan sesuai aslinya, sekaligus sebagai identitas dari besutan ini,” lanjut Adi, sapaan akrab Ariadi Purnomo yang lantas membentuk ulang jok belakang seperti umumnya diaplikasi café racer.

Biar tongkrongan motor balap makin kentara, syaratnya setang wajib diganti model lebih datar. Untuk kemudi, inspirasinya diambil dari desain setang clubman yang dicustom sendiri oleh bengkel Uprising.  “Setang yang sudah merunduk harus diikuti footstep model racing,” lanjut Rio yang mengandalkan knalpot custom.

Tampilan besutan yang di Amerika disebut CB Silver Hawk ini lantas dipilih kelir eye cathing oleh pemiliknya. Seluruh rangka dan tangki disiram kelir merah granada. Berpadu dengan silver pada areal sepatbor.


Inspirasi Dari NSU
Sebetulnya Honda Dream 305 cc ini varian yang identik dengan generasi sebelumnya, Honda C71 dan C72 yang berkapasitas 250 cc. Perbedaanya pada rangka. Generasi sebelumnya masih aplikasi model monokok dan sok depan model link. Sedang Honda Dream 305 atau sebutan lainnya  CB 77 sudah apliaksi frame tubular dengan suspensi depan teleskopik.

Varian ini pertama kali dirilis 1956 oleh Soichiro Honda yang merupakan founding father pabrikan Honda.  Pertama kali desain  frame dan mesin sangat dipengaruhi  besutan yang dibangun oleh NSU Motorenweke AG, asal Jerman. Inspirasi ini merupakan buah dari kunjungan Soichiro Honda ke Eropa pada 1955, termasuk melihat langsung balap Isle of Man TT.

Sedangkan buat pasar Amerika, Honda meluncurkan tipe khusus yaitu CA76. Perbedaanya mengaplikasi setang konvensional model tubular yang posisinya lebih tinggi. Pada zamannya besutan ini sangat laris di negeri paman sam.    (motorplus-online.com)

 DATA MODIFIKASI
Ban depan    : IRC 350/17
Ban belakang   : IRC 400/17
Lampu depan : BSA Stok
Spion        : Variasi Jepang
Uprising    : 0818-08496084

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa