Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Mio, Bulat & Bunting

billy - Kamis, 29 Desember 2011 | 08:31 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sejak lama, Jhonatan Evan Santoso ingin mengubah Yamaha Mio miliknya jadi seperti Vespa. Hal itu karena Evan sangat sreg dengan motor berbentuk bulat-bulat. Tidak kotak atau banyak bersudut seperti lazimnya. 

Karena itu, fokus ubahan dilakukan pada bodi. "Dibuat yang serba membulat, mulai dari depan sampai belakang. Sebab tidak pasaran dan hasilnya harus bagus," kata Evan membuka obrolan.

Karena termausk tipe orang yang mengejar kesempurnaan, dia harus rela motor nangkring di bengkel sampai 1 tahun. Wow, lama juga Bro!

Bentuk bodi membulat seperti ini semuanya terbuat dari fiber. "Tidak mudah lho. Jika punya sudut bisa dikatakan mudah," cerita Evan terus-menerus sambil membanggakan desain unik ini.

No caption
No credit
No caption

Paling terlihat di bodi tengah, tepatnya di bawah jok. Layaknya perut wanita lagi hamil. Begitu juga dengan bodi depan.

Bahkan terlihat, kalau Evan seorang yang punya taste bagus dalam harmonisasi. Desain lampu depan dan juga seinnya membulat. Dengan begitu, semuanya terlihat nyambung, tidak tabrakan. Sedap dipandang.

"Sedangkan untuk belakang, pakai punya Mio Soul yang memang dari aslinya sudah nempel di bodi yang membulat," ungkap bro yang sudah punya tekad bulat itu. Oh ya, untuk lampu depan, menggunakan variasi dan limbah motor tua.

Sudah pasti dengan bentuk bodi seperti ini, wilayah kaki-kaki juga harus mengimbangi. Sangat tidak pantas menggunakan ban tipis meskipun saat ini lagi digandrungi. Cocoknya seperti ini, ban dengan telapak cukup lebar.

"Untuk peleknya, menggunakan hasil custom dari mobil. Depan lebar 3 inci sedang belakang 5 inci," tambah mahasiswa jurusan Psikologi, Universitas Surabaya ini.


Karena di belakang sudah cukup lebar seperti itu, sumbu roda harus dibuat mundur. "Menggunakan undur-undur seperti umumnya di Mio. Hasilnya sumbu roda belakang sekarang lebih mundur 5 cm dibandingkan posisi awal," tegasnya.

Evan memang tidak ingin terlalu mundur, sebab dia tidak fokus bermain di kelas low rider. "Dibuat mundur itu karena terpaksa saja, sebenarnya enggak suka dengan low rider," tambahnya.

Hal lain yang memberikan nilai plus pada modifikasi ini adalah desain cover CVT-nya. Dibuat ulang dengan desain yang mendukung tema tadi, serba bulat.

Supaya bener-benar terlihat beda, kelir dipilih hijau dof dengan sedikit tambahan aksen kartu dan lembaran uang. Unik! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban: Swallow 100/70-14 & 130/60-14
Knalpot: Custom
Setang: Custom
Sok depan: Posh
Tutup as roda: TAD

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa