Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Astrea 800, Gabungan Dua Konsep

billy - Jumat, 9 Desember 2011 | 05:52 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Agit Giri Prihanto asal Banjarnegara, Jawa Tengah, coba modif Honda Astrea 800 dengan cita rasa tinggi. Walau secara dimensi membingungkan, tapi tetap punya konsep yang masuk akal. 

"Konsep awal sebenarnya bikin minimoto, soalnya mau dipakai anak sekolah SD. Kepalang tanggung, sekalian dikasih sentuhan street fighter agar makin bagus," buka owner sekaligus pemilik Vega Motor (VM), Banjarnegara itu.  

Memadukan dua konsep, pengerjaan harus sitematis. Contohnya, "Harus aplikasi kaki-kaki pendek dulu. Sebab mengarah ke minimoto," cuap modifikator beken disapa Agit ini.

Makanya sok depan pakai lungsuran Honda GL-Pro. Tentu harus ada penyesuaian. Seperti dimensi tinggi ajrutan dipotong 15 cm. "Termasuk bagian daleman ikut diubah, sebab kapasitas angkutnya juga enteng karena dipakai anak-anak. Per dipotong dan oli dikurangi 25 cc," jelas modifikator beralamat di Jl. Raya Tapen No. 15, Tapen, Wanadadi, Banjarnegara itu.

Bagian buritan sedikit rumit, sebab ayah tiga putra ini enggak ingin tampilan biasa. "Bikin sendiri mono arm belakang, sudut dan dimensi yang harus mengecil sedikit repot dalam bagian konstruksi. Untuk sudut sok belakang meniru konstruksi Jupiter MX. Makanya redaman belakang stabil, sebab pakai sok belakang MX juga," yakin pria humoris ini.

Sebagai komponen sasis baru, Agit memakai pipa kotak untuk dudukan belakang centre back bone. Sasis ini nyambung dengan tulang baru dari bagian depan rangka underbone asli. "Termasuk konstruksi tangki juga diubah, sebab aslinya terlalu tinggi. Makannya dipindah pada tulang underbone," urai builder yang bengkelnya tengah banyak konsumen ini.


Pola street fighter tentu sangat kentara pada bodi, sebab Agit mengambil konsep ala WJS yang pendek pada bagian buritan. Makanya, walaupun sadel muat untuk dua anak kecil, namun bodi terasa lebih pendek dengan jok yang juga ikutan maju.

Pola bentuk bodi juga terlihat dinamis, seperti buntut yang senada bagian tengah dan tangki. Bukan itu saja, aroma ala street fighter sangat menonjol dengan ornamen sasis teralis dan juga kondom sokbreker depan ala upside down.

Jadinya, dengan penggabungan dua aliran seperti ini bisa saja Agit akan membuat sebuah tren modifikasi baru. Akankah booming di 2012?  

Kereasi Dari Limbahan
Bukan limbah mode apalagi moge tentunya, tapi limbah motor yang banyak berseliweran di pasar lokal. Contohnya aplikasi lampu depan. Ini benar-benar limbah alias sampah.  "Saya buat dari spidometer bekas Yamaha V-ixion, cuma dipreteli dan pakai bohlam sesuai kapasitas lampu depan," kekeh modifikator kreatif ini. Wah, ini sungguh suatu trik yang belum ada sebelumnya.

Termasuk radiator palsu dari komponen bekas, kalau yang ini fungsinya sebagai penghalang angin agar tidak langsung menabrak karburator. Jurus pintar seperti ini tentu saja juga akan menekan ongkos produksi. Murah tapi tetap menarik dan kreatif! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Corsa 100/80-14
Ban belakang: Swallow 130/70-14
Pelek depan: Mio
Pelek belakang: Custom mobil
Stopm lamp: Variasi LED
Knalpot: Mio
Setang: Posh
VM: 0813-2705-5999

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa