Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Win, KSR Aja Sih Lewat

billy - Minggu, 21 Agustus 2011 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Honda Win jadi salah satu motor bisnis yang sukses diluncurkan oleh Honda di Indonesia. Win yang berkapasitas mesin 100cc 4-tak bersaing ketat dengan rivalnya Suzuki A 100 yang bermesin 2 langkah. Kedua besutan ini kerap jadi andalan sebagai motor pegawai negeri atau pelat merah.

Siapa sangka kalau Honda Win yang terakhir diproduksi 2005 juga bisa tampil bergaya sebagai besutan penggaruk tanah. Malah dimensinya dibikin sedekat mungkin menyerupai Kawasaki KSR yang baru saja diluncurkan.

“Pemilik motor minta didesain ubahan trail tetapi dimensinya tidak terlalu jangkung. Makanya karakter Kawasaki KSR yang paling cocok,” sebut Wardoyo builder dari bengkel G2C di bilangan Gandul Cinere, Depok.

No caption
No credit
No caption

Proses ubahan rangka tidak terlalu sulit lantaran sasis asli milik Honda Win sudah dianggap sangat mendukung. “Untuk ubahan besutan mini trail rangka tengah Win sudah mumpuni jadi enggak ada yang diubah,” lanjut Wardoyo lagi.

Beda dengan rangka belakang perlu sedikit pembenahan. Posisi sub frame atau rangka belakang terlalu panjang dan tegak. “Jadi, sub frame harus dipangkas. Bukan cuma itu, tapi juga posisi yang harus dibuat lebih tegak,” urai builder bertubuh gempal ini.

Sedangkan lengan kondisi standarnya sengaja diperbaiki, bagian atas dibuat ulang mengandalkan pipa tubular. Model lengan ayun dibuat biar cocok bersanding dengan sok tunggal alias monosok. “Pakai monosok motor jadi kelihatan modern,” bilang Wardoyo yang mengganti seluruh bodi mini trail ini dengan bahan pelat. 


Pada sektor roda, Waryodo, eh Wardoyo, ogah pakai ban berprofil aspal layaknya KSR. Masih dirasa bisa mengandalkan ban kasar khas besutan grasstrack. Lingkar roda juga pakai ukuran ring 14 inci. “Biar ground clerence sedikit lebih tinggi. Jadi tetap bisa dipakai adventure masuk hutan.”

Akselerasi juga sudah diseting lebih mumpuni. Area mesin bukan hanya mengandalkan saluran buang racing hasil rancangan bengkel G2C. Sedang biar mesin mudah dihidupkan saat menerabas hutan, Win ini sudah dilengkapi elektrik starter. Tuh, KSR juga lewat. (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Deli Tire 80/70-14
Ban belakang : Deli Tire 90/70-14
Knalpot  : Custom
Pelek  : Variasi
G2C : 0813-8057-1391

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa