Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Tiger, Lampu Scoopy Tangki Byson

billy - Selasa, 16 Agustus 2011 | 15:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Keinginan Dedi memiliki pacuan bergenre streetfighter terpenuhi. Honda Tiger miliknya, kini berganti wajah sesuai hasrat terpendam. Dua part dari motor terbaru di Tanah Air, jadi panduan buat modif Tiger milik Karyawan Bank BCA cabang Daan Mogot, Jakarta Barat ini. Ya, lampu belakang Honda Scoopy dan tangki milik Yamaha Byson.

Tapi, kesibukan Dedi membuatnya tidak bisa melakukan proses modifikasi sendiri. Untuk itu, pria yang tinggal di Semanan, Cengkareng, Jakarta Barat ini menyerahkan ke workshop Xsoul di Jl. Bandengan Utara 3 No. 18, Jakarta Barat.

Sebenarnya, untuk pemasangan lampu Scoopy itu atas permintaan Dedi sendiri, lho. “Dia ingin pasang lampu itu sebagai variasi tambahan di single sitter. Biar enggak terlalu polos dan juga tidak tampil biasa,” ungkap Tjandra Lumanto selaku owner Xsoul.

Memang sih! Sepertinya hingga sekarang, belum ada yang berpikir macam itu. Ya, kreatif untuk menambah variasi tambahan di penutup jok pembonceng. Toh, cover ini enggak bakal yang ada dudukin juga kan. He..he..he...

No caption
No credit
No caption

Awalnya, Tjandra hanya ingin mengaplikasi mika terluar saja. Tapi, Dedi ingin pasang reflektornya juga. “Iya, karena Dedi juga ingin lampu ini berfungsi sebagai lampu rem,” bilang modifikator yang juga kerja sebagai Credit Marketing Officer (CMO) di Adira Kelapa Gading ini.

Padahal, buat lampu rem sendiri sudah ada tuh. Pakai stop-lamp variasi milik Kawasaki Ninja 250R yang model LED. Sama seperti bodi belakang yang juga contoh bodi Ninja No Pek Go.

Tapi, karena reflektor yang besar ikut terpasang, posisi mika dibuat agak menonjol. Begitu juga dimensi fiber yang menjadi dudukan lampu Scoopy itu. Jadi, enggak harus main potong rangka untuk menyesuaikannya.

Beralih ke tangki Byson. Memang, bukan tangki asli yang dipakai. Melainkan, sebatas kondom alias tangki yang dilapisi fiberglass. Ada alasan tertentu mengapa Tjandra memilih metode kondom.


"Karena kalau pakai fiber, bentuk atau dimensi tangki bisa disesuaikan. Kalau andalkan tangki yang asli Byson, terlalu besar,” ungkap pria 30 tahun itu.

Penyesuaian dimensi tangki termasuk pemangkasan lebar. Setidaknya, oleh Tjandra lebar tangki dibikin pendek sekitar 15 cm. Saat pemasangan, tangki asli Tiger dibuat menyatu dengan kondom. Artinya, enggak bisa dilepas lagi.

Oh ya! Ketika pakai kondom Byson, posisi lubang pengisian bensin ikut diubah. Letaknya, dibuat sedikit lebih mudur. “Iya dong. Kan mengikuti lubang tangki Byson,” tambah pria yang sekarang berambut pendek ini.

Buat melengkapi ubahan yang tergolong lebar, kaki-kaki diperkokoh. Terutama pelek dan ban. Oke deh! (motorplus-online.com) 

 DATA MODIFIKASI
Ban depan : Michelin 100/70-17
Ban belakang : Michelin 130/70-17
Spidometer : Koso
Upside down : Variasi
Xsoul : (021) 928-79319

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa