Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CB100, Beauty Of Emptiness

billy - Minggu, 14 Agustus 2011 | 04:24 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Budi Setiawan owner Honda CB100 dan M. Rifai builder dari 52 Custom, mereka sepakat konsep modifikasi.  Soal simplisitas dan nuasa kosong yang sebagai estetika utama. Bahasa kerennya, beauty of emptiness, indahnya sebuah kekosongan, hampa dan serba lengang.

Yap, itu terlihat dari modifikasi yang ditawarkan. ”Bagi kami customized mengutamakan detail, rapi dan simpel. Jika itu terpenuhi, motor jadi enak dilihat dan berkesan tidak memaksakan,” jelasnya saat sesi foto.

Biasanya, aliran jap’s atau brad style masih mengedepankan pemadatan di beberapa sesi. Paling utama di sektor tengah lewat pemasangan cover samping kanan-kiri yang dimodifikasi. Tujuannya jelas, agar bodi terlihat lebih kompak dan juga tidak terkesan kosong.

Di motor Budi semuanya enggak dipakai. “Justru dibiarkan kosong tanpa cover samping. Agar makin ‘bersih’ aki pakai kering agar bisa digantung di jok,” jelas Pei, panggilan sang modifikator dari Pinang, Tangerang ini.

>
Tapi, kekosongan itu enggak berarti mereka tidak peduli dengan safety riding lho! “Justru di sinil tantangannya. Walau terkesan nggak ada apa-apa, peranti  keselamatan tetap lengkap. Spion minimalis cukup untuk memantau keadaan di belakang rider.

Lampu sein, menyatu setang  dipasang juga spido digital yang justru mempermanis tampilan sekitar T  atas,” bangga Pei.

Langkah penyederhanaan total merambah sektor lain. Jok dibuat tidak banyak model, cukup tipis dan flat. Sepatbor depan gak ada dan hanya belakang yang superpendek. Warna dibuat kalem bernuansa sport  jadul dengan tangki buatan 52 custom model mustang.

Masukan yang mungkin bisa dishare ada di finishing beberapa bagian penting. Sebenarnya nuansa lebih dinamis dan eye cathing masih bisa dimainkan builder ini tanpa harus merusak konsep sederhana dan minimalisnya.

Jika boleh berimajinasi, ada bagusnya dipasang jok yang dibungkus kulit berwarna kecokelatan. Dari situ terjadi gradasi warna apik dan membuat motor semakin beraura. Knalpot juga bisa ditam­bah engine cover motif jadul. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Ban depan: Swallow 3,50-18
Ban belakang: Swallow 4,00-18
Sok belakang: Variasi
Tangki: 52 Custom
Warna: Mede By 52 Custom

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa