Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Scorpio, Atas Nama Kedaulatan NKRI

billy - Selasa, 19 Juli 2011 | 10:44 WIB
Yamaha Scorpio, Atas Nama Kedaulatan NKRI
Yamaha Scorpio, Atas Nama Kedaulatan NKRI

Yamaha Scorpio, Atas Nama Kedaulatan NKRI
Yamaha Scorpio, Atas Nama Kedaulatan NKRI
  
Sebagai anggota TNI AD Kodam Diponegoro, Jawa Tengah, menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Repulik Indonesia (NKRI) bukan perkara gampang. Apalagi sampai bolak-balik Jogja-Semarang demi mengemban tugas.

Biar suasana hati nggak tegang, Catur Budi Affianto menyibukan diri dengan utak-atik motor agar tampil lebih oke saat dibawa tugas. Maklum, rute Jogja-Semarang lumayan jauh.

“Waktu masih standar kurang menarik, menyenangkan dan memuaskan. Tapi setelah jadi seperti sekarang, hati bawaannya adem dan senang terus,” ucap warga Sleman, Jogja.

Menurut Catur, Scorpio 2010 ini dibawa ke rumah modifikasi STEP Motorcycle Yogyakarta yang digawangi Heri Purnama alias Kebo. Ditawarkan konsep Jap’s Style minimalis murah dan enak dipakai.

Karena konsepnya minimalis, motor pun tidak dirombak total. Bahkan bisa dibilang 80% masih asli. Hanya saja ada beberapa bagian dicustom ulang.

Adapun 20% yang diubah tampak pada tangki, penutup aki kiri-kanan, sepatbor, knalpot dan lampu belakang. Rata-rata diganti pakai plat galvanis di bentuk ulang. Sedang lampu belakang diganti lampu rem Yamaha Byson.

“Yang masih asli itu kaki-kali dan setang. Walau  sasis asli sudah mengalami pemotongan 22 cm di  bagian belakang,” imbuh Kebo.


Untuk lihat kondisi bensin baik itu habis atau kotor, juga sudah dipasang tabung indikator kecil dari botol parfum yang letaknya di samping tangki sebelah kiri. Sip kan!

Yamaha Scorpio, Atas Nama Kedaulatan NKRI
Yamaha Scorpio, Atas Nama Kedaulatan NKRI

Mesin Dibikin Lantang

Biar lantang seperti jiwanya, dapur pacu sedikit dikorek. Tentu biar enak dipakai jarak jauh. Apalagi trek Jogja-Semarang sangat bervariasi. Ada macet, lengang, menanjak dan menurun.

Mesin kena porting bagian lubang inlet dan exhaust, lalu ganti knalpot aftermarket yang dicustom ulang juga sudah pasang CDI BRT tipe bolt-on alias tinggal colok ke soket aslinya.

“Setelah diporting, ganti knalpot dan pasang CDI aftermarket, ubahan tenaga sangat berpengaruh buat lari motor. Terutama pakai knalpot yang dicustom ulang walau jadi sedikit bising,” jelas Kebo.  

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Battlax 100/80-17
Ban belakang : Battlax 130/70-17
Pelek : Champion 17 ichi
Knalpot : Custom
STEP Motorcyele: 0812-2988-0990.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa