Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda GL100, Keluar Pakem

billy - Senin, 18 Juli 2011 | 11:32 WIB
Honda GL100, Keluar Pakem
Honda GL100, Keluar Pakem

Honda GL100, Keluar Pakem
Honda GL100, Keluar Pakem
 
 Mencoba sesuatu yang berbeda
Lihat konsep ubahannya memang sedikit nyeleneh alias ngawur atau asal. Itu karena konsepnya gabung­an beberapa aliran modifikasi dimasukkan ke roh standar Honda GL100 1982. Tungangan ini milik Victor Suryadi yang digarap Donny alias Batax pungawa bengkel Hantu Laut dari kawasan Jl. H. Nawi, Gg. H. Jeni, No. 78, Jakarta Selatan.

Coba perhatikan. Tampang depan Honda GL100 didongkrak dengan menarapkan visor atau windshield ala café race, namun di bagian tengah berubah konsep lagi. Bagi Donny, inilah seni dalam bermain konsep 'no rules'. “Ingin mencoba sesuatu yang berbeda, makanya berpikir keluar dari pakem alias out of the box," tegas Donny Batax.

Victor si pemilik tunggangan yang kebetulan gemar naik moge pun berpikir sama. Pria yang pernah tugas di Amrik juga pengin konsep berbeda. Karena itu, ia mempercayakan Donny menggarap motornya dengan konsep tidak ada aturan, seperti biasa dilakukan builder asal Jakarta ini.

Honda GL100, Keluar Pakem
Honda GL100, Keluar Pakem

 Tangki ala Hantu Laut
Namun bila menganggap modifikasi yang dilakukan Donny Batax terkesan asal, silakan tepis angapan itu jauh-jauh. Karena menurut Donny Batax, semua yang pernah dikerjakannya justru butuh konsentrasi tinggi dan keseriusan. Bagaimana tidak, menggabungkan beberapa konsep modifikasi agar hasil akhirya bisa wah bukan perkara gampang. Makanya Donny mesti putar otak untuk menawarkan setiap konsep kepada kliennya..

Contohnya tampang depan GL100 yang bergaya cafe racer, diteruskan ke belakang yang adopsi singlefighter dengan rangka terpotong. Hasil potongan rangka tadi dimanfaatkan untuk meyelipkan sein. Sedang tangki digarap ala ciri khas Hantu Laut yaitu memanjang dan kotak.

“Sementara untuk kaki-kaki belakang, tepatnya di lengan ayun, dimensinya sudah diperpanjang sekitar 15 cm. Bukan tanpa maksud, tapi agar dudukannya menjadi lebih mantap. Tarikan motor pun tetap stabil saat dibetot,” mantap Donny.

Gak Lupa Safety
  Rombakan ala cafe racer biasanya modifikator suka lupa unsur safety. Padahal untuk menerapkan ke motor minimaslis dapat diakali dengan variasi minimalis. Makanya Donny Batax menghias motor Victor agar tetap cantik, safety dan daily use dengan pasang lampu stop aftermarket di sepatbor belakang.

Honda GL100, Keluar Pakem
Honda GL100, Keluar Pakem

 Unsur safety tampak pada lampu stop aftermarket(Kiri). Lengan ayun molor 15 cm(kanan).
“Modelnya sederhana. Namun saya ingin tetap menegaskan kepribadian motor ini yang konsepnya tidak punya aturan, caranya dengan memberi kesan safety riding karena semua perangkat berkendara tetap diperhatikan. Seperti pasang lampu rem dan sein unik,” lanjut Donny yang punya nomor telepon 0818-18-1078.
Victor pun pasrah dengan hasil garapan akhir yang memang cukup memberikan warna baru. Pemilik motor yang juga biasa naik moge ini coba menghilangkan kebosanannya dengan menunggangi motor modifikasi. Cuma masalahnya, kenapa kaca spion dan sein depan nggak sekalian dipasang ya?  (motorplus-online.com)
 DATA MODIFIKASI
Stang: Custom
Knalpot: Custom
Sok depan: Honda GL-Pro
Sok belakang: Honda Grand
Lampu depan: Honda CB100

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa