Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Scoopy, Seminggu Rp 8 Juta

billy - Rabu, 13 Juli 2011 | 08:48 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kata Benny Saputra pemilik Honda Scoopy 2011, skubek  yang dimodifikasi aliran bolt-on ini cuma butuh waktu seminggu pengerjaan. Baik itu secara konsep awal, pemilihan produk yang akan digunakan hingga proses pemasangan part variasi yang dibeli dengan jumlah total Rp 8 jutaan.

Menurut MOTOR Plus, kalo bener begito, artinya Benny bukan orang baru di soal merakit atau dandanin motor yang dicustom dengan gaya minimalis. Terbukti pada Scoopy yang garapannya terkonsep sangat harmonis, detail juga didukung finishing apik tanpa meninggalkan lecet.

“Ubahan di Scoopy ini memang mengarah ke kelas Fashion Standar, sesuai dengan regulasi yang ada saat itu. Di mana modifikasi lebih terpusat pada penggantian dan penambahan komponen siap pasang dan pakai. Bukan pada perubahan bentuk terutama di bagian cover bodi rangka asli. Maka jadinya seperti itu,” ujar punggawa rumah modifikasi Andy Matic Concept (AMC) yang buka di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Dari hasil penelusuran, kali ini tema yang diusung Benny adalah urban lifestyle. Di mana ubahan bukan cuma fokus pada pemasangan komponen variasi, tapi juga ikut mengunggulkan corak grafis yang belum pernah ada sebelumnya. Sebab desain grafis yang dijagokannya adalah mengambil konsep nama salah satu produk olahraga air yang cukup terkenal di kalangan anak muda hingga dewasa, yaitu Rip Curl.

Sederhana memang kalau di­lihat. Apalagi logo produk olahraga air yang berkelir cokelat minimalis, bahan dasarnya dari cutting sticker lalu pasang di bodi samping kanan-kiri. Biar nggak terlalu kosong, logo produk dikasih sedikit sentuhan corak triball di dekatnya dan juga di spatbor depan.


“Biar paduan warna dasar skubek merah marun itu nggak mati alias makin gelap, saya coba tambahkan ornamen karbon kevlar terutama di bagian sepatbor depan, batok belakang setang, bagasi hingga cover knalpot. Semua itu asli karbon kevlar bukan cutting sticker seperti desain gambar pada cover bodi ,” aku pria beralamat lengkap di Jl. Kecapi V/55, Jakarta Selatan.

Tak ingin terlihat norak, pemi­lihan produk variasi di Scoopy juga sangat selektif. Maksudnya biar nggak mati gaya. Makanya jok asli  dipapas hingga tipis, lalu diimbangi behel variasi warna pelangi yang kebetulan sama dengan standar tengah, standar samping juga di pipa setang balik spidometer yang juga berlabur karbon kevlar.

Bukan cuma itu, peredam kejut depan juga sudah ikut diganti. Pakai produk Pico yang punya warna kuning. Bukan tanpa maksud, tapi juga biar pas dengan pelek yang berkelir merah marun. Begitu juga dengan sok belakang yang berkelir sama lantaran sudah mengadopsi sokbreker merek YSS tabung angin.

Biar nggak terlihat ramai, beberapa komponen variasi kecil juga ikut menghiasi beberapa bagian motor. Pilhan warna juga tidak mematikan konsep dasar ubahan. (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Pelek : Akront
Braket slang rem : Bikers
Teromol : Trusty
Jari-jari : Yaguso Gold
Mesin : Bore up piston 58 mm

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa