Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

TVS Tormax 150, Racing Style Hemat dan Cepat!

billy - Rabu, 6 Juli 2011 | 11:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Dari lahir bebek TVS Tormax 150 sudah dibekali tampang yang lumayan sporty. Alhasil jadi lebih mudah dimodifikasi, hal ini dibuktikan oleh PT TVS Motor Company Indonesia (TVS-MCI). ATPM TVS ini memajang versi modifikasi TVS Tormax 150 di arena Pekan Raya Jakarta (PRJ).

Salah satu yang paling gahar adalah yang berwarna hijau. Untuk proyek yang satu ini, TVS-MCI menggandeng rumah modifikasi Berkat Motor (BM) sebagai eksekutor.

"Bentuknya udah sporty, jadi untuk ngejar konsep racing style cukup main kaki-kaki," buka Rudy Gunawan dari BM. Pria yang bengkelnya mangkal di kawasan Kreo, Ciledug, Tangerang ini pun langsung menerapkan jurus kekar untuk pelek dan roda.

Pelek pakai variasi Tiger berlabel Axio palang 3, ukurannya 2,5 inci di depan dan 3,5 inci untuk belakang. Bannya juga lebar, depan pakai 110/70-17 sedang yang belakang 110/70-17. Meski lebar, Rudy mengaku tidak ada ubahan pada swing arm dan sokbraker depan.

No caption
No credit
No caption

"Muat tuh dimasukin pelek dan ban besar. Swing arm masih standar cuma dikondom ulang biar kekar. Yang depan juga segitiganya enggak perlu dilebarin," jelas pria berkulit putih ini.

Kelar pasang ban lebar, disk brake depan di buat ganda. "Biar makin kental nuansa sporty-nya," cetus Rudy yang hanya mengubah bodi bagian buntut dengan fiber custom.

"Undertail-nya custom pakai fiber. Biar bisa lebih runcing tanki harus dipapas sedikit bagian bawahnya. Terus jok juga dibuat single seater dengan cover yang bisa dibuka-pasang sehingga saat hendak berboncengan tinggal lepas saja," jelasnya panjang lebar.

Finishing tentunya soal kelir, Rudy memilih warna putih-hijau dari cat Spies Hecker. Biar makin sporty, grafisnya dipadu dengan water printing motif karbon di beberapa bagian seperti cover setang dan kisi-kisi udara pada bodi depan.


Soal biaya yang harus dikeluarkan, ternyata enggak banyak loh. "Kita batasi enggak sampai Rp 10 juta, tujuannya memang untuk membuktikan modifikasi Tormax tidak butuh biaya besar," jelas Nurlida Fatmika Sari, Corporate Communication, PT TVSMCI.

"Waktu pengerjaanya juga cepat hanya diberi waktu dua minggu. Bisa cepat karena modifikasinya juga tergolong ringan," bisik Rudy. Wah, sudah hemat, cepat, hasilnya maksimal. Mantab! (motorplus-online.com)

Data Modifikasi:
Kondom swing arm : Custom
Pelek dpn/blkg : Axio palang 3
Ban dpn/blkg : Corsa 110/70-17/110/70-17
Spatbor depan : Aftermarket (ZX-6)
Cakram depan : Aftermarket
Cakram belakang : Honda Tiger Revo
Knalpot : Stainless by BM
Single seater : Custom (fiber)
Berkat Motor : 021-93517093

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa