Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda CB100, BRATSTYLE Solusi Kebosanan

billy - Kamis, 23 Juni 2011 | 14:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Manusia apalagi biker pasti punya rasa jenuh. Itu juga yang menghinggapi Salim Bajri terhadap tampilan estede atawa standar Honda CB jebolan 38 tahun lalu miliknya. Menurut wong Cerbon ini, mesti dilakukan ubahan biar enggak ketinggalan zaman.

"Apalagi sekarang tren modif CB sudah mulai ramai. Namun saya lebih condong tema bratsyle yang terlihat simpel. Pas dengan basis mesin CB yang kecil," cuap Salim Bajray, sapaan gaulnya.

Mewujudkan niatnya itu, CB dengan kapasitas mesin 100 cc ini langsung diboyong ke Yudi Satria, punggawa Ape Motorcycle (AM) untuk mempermak sesuai keinginan Salim.

Bagi Yudi, konsep yang diinginkan Salim perkara mudah. Jelas, karena dia memang gape modifikasi tema bratstyle, Japs style hingga cafe racer. "Bentuk yang unik, jadi ciri khas," urai Yuza, sapaan karib Yudi.

Ubahan rada frontal terlihat pada rangka. Meski tulang rangka asli CB kecil, namun bagian tengah hingga buritan sedikit kena jarah. Lantas oleh Yuza dipasang besi baru sebagai dudukan jok kulit yang terlihat ciamik. "Jadi menambah unsur klasiknya," kekeh Yuza.

Tangki orisinal CB lengser, gantinya penampung bensin hasil custom dari pelat galvanis. Sedangkan bagian depan terutama setang, dipasang setang model ape hanger yang rada kecil. "Disesuaikan dimensi motor. Kalo rada tinggi lagi, jelas kurang pas. Jadi segini sudah nyaman dibawa jalan," ujar modifikator buka gerai di Perum Cempaka Arum, B-4, Cirebon.

Penyesuaian dimensi bodi dan mesin memang jadi kunci estetika. Artinya, builder harus jeli menyesuaikan hal itu. Apalagi untuk ukuran mesin yang relatif kecil, brat style mengundang tantangan tersendiri dan mereka terbilang sukses mewujudkan itu!


Painting Tidak Ganggu Konsep Desain

Tampilan mantaf, kurang afdal jika kelir masih standar. Makanya, ganti warna asli jadi lebih nyentrik dan sesuai tema. Lantas Salim order pada Iyan (Faceoff Airbrush). Dominan merah dipadu butiran glitter nampak jelas di rangka.

Kelihatan sang seniman terpengaruh gaya pop art, cosmic style juga psychedelic untuk warna yang ditampilkan.Jika kurang hati-hati, gaya begini bisa ganggu roh brat style simpel dan clean! Syukur, kelir yang mereka jagokan menunjang kesempurnaan. Motor jadi eye cathing dan enak dinikmati.

Paling dominan di tangki. Tangan kreatif Iyan berhasil memadukan berbagai unsur warna dalam frame  kotak yang lumayan mencolok mata. (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban : Swallow 3,50-17
Pelek  : TK
Sok depan : Tiger
Sok belakang : YSS
Teromol depan : Tiger
Knalpot : Custom
AM  : 0852-2438-7676

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa