Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha V-Ixion, Bodi Asli R6?

billy - Kamis, 12 Mei 2011 | 09:20 WIB
No caption
No credit
No caption

 

Biar gak bikin susah, Oki Budi Mulyono dari Fitra Jaya Modifikasi (FJM) menjiplak bodi utuh Yamaha R6 buat V-Ixion. Tapi, copy-an FJM baju full set R6 gak murni. Masalahnya Oki enggak cuma asal pasang.

Kebayang kan Oki lumayan punya modal buat menjiplak bodi R6 untuk V-ixion. Hitungannya sih paling murah lebih dari Rp 1 jutaan untuk mendatangkan baju utuh R6  yang masih kategori layak pakai versi 2010. Kalau mau beli yang baru, waduh bisa lebih dari Rp 5 juta tuh yang orisinal R6.

Oki memilih R6 keluaran 2010. Betul karena R6 generasi 2010 sampai tahun ini punya sudut bodi yang ramping dan lancip dibanding tahun sebelumnya.

“Didesain ulang supaya sesuai dengan dimensinya V-ixion. Main pasang aja sih V-ixion jadi kedodoran,” kata Oki, dedengkot FJM, dari Tangerang.

Cara mendesain ulang harus dibikin dulu cetakannya. Ukurannya ya dari bodi asli R6. Setelah jadi per bagian dicocokan dengan per bagian badan V-ixion.

No caption
No credit
No caption
“Kedok lampu disesuaikan dengan bagian depan. Kalau mau mengurangi, bodi copy-an R6 digrinda,” ulas Oki yang bermarkas di Carang Pulang, No. 30, Legok, Tangerang, Banten.

Buat kedok lampu selain disesuaikan dengan tampak depan motor, Oki juga merancang dudukan mika dan sektor penerangan. Ketemu deh sama lampu depan Honda CS-1.

Paling susah menyesuaikan bagian buntut. Kalau mau mengikuti buritan asli R6, ujung bagian rangka V-ixion dipangkas habis.
“Makanya, paling banyak ubahan memang ada di bagian buntut. Jadinya memang agak jauh berbeda dibanding buntut aslinya R6,” yakin Oki.
 DATA MODIFIKASI
Ban depan: Dunlop 120/70-17
Ban belakang : Dunlop 160/60-17
Pelek depan : GSX400 3,50 x 17
Pelek belakang: GSX400 4,50 x 17
FJM : (021) 97556526

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa