Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Jupiter-Z, Tidak Liar Di RPM Rendah

billy - Senin, 9 Mei 2011 | 14:38 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kalau saja Agus Budi Susanto tidak keluar dari format, mungkin Asep Kancil tak pernah menapaki podium kehormatan di setiap seri MotoPrix kelas MP1. Mekanik asli Klaten ini berani mematok durasi kem gede pada Yamaha Jupiter-Z andalan tim Yamaha SND KYT FDR. Durasi kem mencapai 278 derajat.

Padahal, lazimnya mekanik menerapkan durasi kem rata-rata 270 derajat. Durasi kem lebar di Jupiter-Z ini, membuat motor lemot di kitiran mesin rpm rendah. Tapi, galak di putaran atas. “Ini sengaja. Biar motor tidak liar di rpm rendah. Sehingga gampang dikendalikan,” tegas lulusan Politeknik PPKP Yogyakarta.

Alasannya, Asep Kancil pembalap belia. Posturnya imut dan baru naik seeded. Sehingga, perlu motor yang gampang untuk adaptasi. Makanya, power motor dibikin tidak garang, sehingga lebih gampang dikangkangi.

Durasi ini didapat dari klep isap membuka 38 sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 60 setelah TMB. Artinya, pada saat piston melakukan langkah kompresi baru mulai di angka 60.

Dengan begitu, kompresi bersih hanya sedikit. Motor memang jadi kelihatan ngok alias tak bertenaga di rpm rendah. Untuk klep buang juga buka-tutup dibikin sama durasinya dengan klep isap.  LSA juga kecil.


Suplai gas bakar mengandalkan karburator Keihin PWK 24. Diisi pilot dan main-jet 68/115. Lumayan besar. “Biar bahan bakar lebih melimpah. Selain mengimbangi durasi kem gede, mesin pun jadi lebih adem,” tambah suami Nina Agustin ini.

Suplai bensol biru melimpah, Agus pun berani mematok kompresi tinggi. Tepatnya di angka 13,4 : 1. Tapi, setingan mesin seperti ini bukan tanpa kendala. Karena tenaga bawah dikorbankan, maka pembalap harus jago menggantung rpm. Tentu ada maksud en tujuanya. Yakni, agar tenaga tidak drop saat masuk dan keluar tikungan.

Tapi, Asep Kancil terbukti mampu menjinakkannya. Naik podium di setiap seri MP di musim 2011 ini. Mulai seri I di Serang hingga seri IV Kenjeran lalu, selalu menjadi juara. Tidak heran, jika klasemen sementara MotoPrix masih dipegang pembalap asli Jawa Barat ini. Semua memang berawal dari durasi kem besar! (motorplus-online.com)

 DATA MODIFIKASI
Klep: Sonic
Busi: Denso IU27
CDI: Rextor Monster
Ban: Corsa

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa