Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda C90 Transformer Konsep

billy - Senin, 18 April 2011 | 11:15 WIB
No caption
No credit
No caption

 
No caption
No credit
No caption

Beben, builder asal FRS Custom, Pasir Pogor, Bandung terhitung rajin akhir-akhir ini. Jarahannya, choppy cup berjuluk Billy Bomb sempat dinikmati pembaca Em-Plus. Kini dia berhasil ‘merayu’ Nanix Zumar Gapur SE alias Ucok, owner Honda C90 agar keluar jauh dari tampilan pabrikasinya.

Kalau bicara konsep, customizednya ini kali terbilang asyik dan eye cathing. Estetika motoris tahun 60-an, terasa pas untuk motor yang memang diproduksi di akhir 60-an ini.

Nuansa pyscedelic, ol skool dan ada unsur Jap’s Style, terasa kental dalam jarahannya. Perhatikan kejelian Beben dalam memilih lampu kotak dan bukannya bulat. Pilihan ini membuat motor justru jadi semakin retro. Bener-bener kental pop art seperti mobil tahun segitu.

Kenapa justru berimajinasi ke mobil? Pasalnya konstruksi sasis C90 memang beda dengan sasis tubular seperti motor laki umumnya. Doi punya back bone yang monocoque. Untuk itu perlu kejelian builder dalam meramu bentukan model begini.


Enaknya tampilan motor jadi resik dan simpel. Unsur menggelembung seperti tangki bensin bisa ditiadakan. Karena tulang monokok bisa dijadikan untuk wadah bahan bakar. Tinggal dari depan sampai belakang yang dibuat selaras. Sok depan milik bebek C70 dianggap paling pas jika bersanding dengan back bone C90 yang berpenampang agak luas.

Dari situ Beben meneruskannya dengan menerapkan jok ala Jap’s dan pemapasan di buntut khasnya penikmat choppy cup. ”Agar dimensinya masuk, lengan ayun pakai dari Kawasaki Kaze,” jelas pria yang juga penggemar tato ini.

Kekhasan Beben juga terjadi pada pemilihan roda. Entah kenapa, dia suka sekali sama roda-roda semok alias gembil. Dua-duanya pakai karet Delly Tire, ukuran beda dikit. Untuk depan 120x14 sedang belakang, lingkar yang sama tapi adopsi ukuran 160.

Ban ukuran ini biasannya dipakai oleh pecinta contezt yang senang aliran low rider. Untuk menguatkan kesan lawas, Beben memberi garis putih di kanan-kiri ban. Seperti white wall gichu, Bro.

Pelek kudu dicustom ulang. Lagi-lagi meniru dari komunitas contezt modifikasi yang suka aliran low rider. Biasanya memanfaatkan pelek serep dari mobil Honda zaman dulu. Atau bisa juga beli jadi. Untuk depan belakang pakai jari-jari. Lebar yang depan 4 inci dan 5 inci belakang.

Plok...plok...kreatif dan imajinatif. Ayo lanjut lihat bareng-bareng setang model H-bar yang dibuat mereka. ”He..he.. bahan diambil dari tungkai sadel sepeda. Tinggal dimodifikasi ulang, langsung jadi,” bangga Beben.

Di sisi estetika memang dapet banget. Setang lapis krom jadi tampak lebih mewah dan begitu serasi dengan kelir oranye berpin strip karya Rullie dari Ciheulang,Bandung.

Keren, euy! (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Teromol : Grand
Lampu : Custom
Sok belakang : Grand
Karburator : Honda Win
Knalpot : Custom

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa