Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Nouvo 2002, Modis Bersama Fixie

billy - Senin, 28 Maret 2011 | 14:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ali Wardana pemilik bengkel OMC, biasa ngemodif tunggangan kelas ringan alias custom bolt-on. Mulai dari motor sport, bebek sampai skubek pernah dibikin cantik, imut bahkan ada yang terlihat jantan.

Cuma berhubung sekarang temanya modif Yamaha Nouvo, pria berambut gondrong ini menyodorkan ubahan khas fashion di skubek lansiran awal pabrikan Yamaha. Bahkan garapannya itu disejajarkan sepeda Fixie rakitannya (lihat boks).

“Yamaha Nuovo 2002 termasuk motor lama. Kalau masih standar kelihatan klasik banget. Biar tampak modis di custom aja. Konsepnya disamakan sepeda bikinan saya juga,” ujar Ali yang buka gerai di Jl. Harapan Mulya 11 No. 9, Cempaka Putih, Jakarta Utara.

No caption
No credit
No caption

Paling dominan ubahan pada warna asli yang abu-abu, kini jadi kelir red candy dop plus silver mulai batok kepala sampai buritan. Bahkan ada penambahan sekat dari serat fiber di tengah batok lampu, agar cahaya lampu benar-benar terpisah.

Selain bodi, skubek yang dulu pakai bintang iklan pesepak bola Michael Owen itu, juga menerapkan jok model ceper berpunduk tipis. Kebetulan model jok macam ini belum lama pernah diminati di kalangan pemilik skubek.

Berhubung modifnya ala fashion, kaki-kaki Nouvo tidak ketinggalan ikut didandani. Seperti tabung sokbreker depan asli krom dipadu pelek DBS Everace 1,40-17 beralas karet Swallow 2,25-17. Makin padat lagi, cakram dikasih lebar merek Yokogawa.

Ali juga ikut menyesuaikan bagian kaki belakang. “Dengan menggunakan pelek dan ban yang bermerek sama, peredam kejut ganda merek Gaz’i berpegang pada arm krom-kroman dan rumah CVT yang juga sudah dicat red candy dop seperti bodinya,” lanjut Ali yang punya website aliwardana.blogspot.com dan Doctormatic.blogspot.com.

Yuk coba dilihat. (motorplus-online.com)

No caption
No credit
No caption
Mesin Paket Bore up 155 cc

Lihat dari tampang knalpotnya yang gahar lantaran pakai buatan R9, sudah bisa dipastikan kalau mesin enggak sembarangan. Yakin banget kalau sudah ada bagian part yang dimodifikasi.

“Iya juga sih. Masa knalpot garang andalkan dapur pacu standar yang punya kapasitas silinder 113,7 cc. Biar tahu, sekarang kapasitasnya 155 cc setelah ganti paket blok silinder TDR dengan ukuran piston diameter  58,5 mm tanpa naik stroke,” papar Ali.

Tentu ubahan ini memaksa kubah head dilakukan penyesuaian. Bahkan asupan gas bakar dari karbu standar yang naik 1 step main dan pilot-jet, debitnya diatur kem bikin Nyong dari bengkel Nyong Motor di kawasan Kemayoran.

Buat pengapiannya, CDI Fino lebih dipercayakan Ali soal derajat kurva pengapiannya. Bahkan untuk urusan dongkrak akselarasi, sudut puli juga sudah dibubut biar buka-tutupnya cepat.

Rangka Langka Shorty Fatz

Jika Nouvo yang awalnya klasik sudah tampil modis, begitu juga dilakukan pada sepeda model lawas yang juga digarap Ali Wardana.

Itu karena sepeda Fixie klasik single speed ber-teromol belakang terpedo merek Shimano, semua bagiannya sudah full krom.

Di mulai dari frame klasik dulu yang katanya bikinan model Shorty Fatz, yang kini terlihat lebih kinclong. Bahkan jari-jari plus pelek depan-belakang merek Fixie lebar 4 cm, sudah tampak bening begitu dilihat dari berbagai sisi.
Tidak ketinggalan setang custom model jengky cewe di stem bangau, terhubung ke fork rigid khas sepeda yang lagi ramai di kalangan anak muda.

“Uniknya dan jarang karena model rangka yang digunakan adalah ‘shorty fats’. Sengaja bikin sendiri biar pas sama dan serasi bersanding dengan Nouvo. Tapi, jujur untuk mendatangkan rangka asli Amerika ini ke Indonesia butuh dana puluhan juta , loh,” kenang Ali.

Sadap….!

DATA MODIFIKASI :
Roller : Bobot 9/10 gram
Per CVT : Pakai per 1.500 rpm
Sadel sepeda : Ontel Genio
Ban sepeda : Camel 700 x 389

HP: 0818-066-47575

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa