Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Mika Lampu Sein Yamaha Mio Sporty Smile, Mudah Murah Meriah

billy - Minggu, 26 Agustus 2012 | 08:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Untuk bikers, pecahnya mika sein karena terjadinya benturan dengan benda asing pasti menjadi hal yang sangat menjengkelkan. Selain mengurangi keindahan tampilan, lampu sein yang pecah juga membahayakan bagi pengguna jalan lain.

Terlebih untuk pengguna motor Yamah Mio Sporty ‘Smile’. Mika lampu sein kiri-kanan dan senjanya menyatu berbentuk kurva. Jadi, ketika pecah dan ingin melakukan pergantian mika, harus dilakukan ‘segaris’.

Hal ini tentu berbeda dengan Yamaha Mio Sporty yang lama. Mika lampu sein di versi sebelumnya bisa dibeli secara ‘ketengan’. Misal, kiri atau yang kanan saja. Harganya orisinilnya berkisar Rp 40 ribuan, sudah termasuk reflektor-nya.

Tapi buat pemilik ‘Smile’ enggak usah khawatir. Sebab harga mika yang tersedia di pasaran mungkin tidak semahal yang dibayangkan. Jika yang mengalami kerusakan alias yang pecah hanya mikanya, pemilik ‘Smile’ bisa membeli mikanya saja dengan harga Rp 21 ribu.

"Jika  satu set dengan reflector harganya Rp 138 ribu sudah termasuk kabel soket dan empat bohlam untuk lampu sein dan senja,” kata Kian, Sales Counter Spareparts dari bengkel resmi Yamaha di Jl. Panjang No. 17, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.


LEBIH MUDAH DIPASANG
Boim selaku kepala mekanik di bengkel resmi itu pun mengatakan kalau mika lampu Mio Smile lebih mudah cara pemasangannya. Selain itu resiko akibat pemasangan kabel terbalik, kecil sekali.

Sebab lampu sein ini hanya memiliki satu soket kabel bodi saja. “Caranya sama saja dengan mengganti mika lampu dengan Mio lama. Yaitu, dengan membuka bodi depan yang diikat 5 titik sekrup,” tambah Boim.

Setelah itu, kabel dari reflektor yang menyatu kabel bohlam lampu sein dan lampu senja tinggal disambungkan. Sambungkannya ke soket kabel bodi yang hanya memiliki satu soket. “Tidak seperti Mio lama yang memiliki soket yang terpisah untuk kedua lampu seinnya,” tambah Boim lagi.

Jadi, kalau salah pasang kabel pun, “Jika salah masa, hanya mengakibatkan lampu tidak menyala,” tutup Boim yang ramah.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa