Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kegunaan Isolasi Kertas, Bukan Cuma Buat Ngecat

Dimas Pradopo - Senin, 19 Maret 2012 | 14:26 WIB
No caption
No credit
No caption


Pasti sudah tidak asing lagi dengan isolasi yang satu ini. Isolasi kertas ini biasa dipakai oleh tukang cat untuk menutupi bagian yang tidak ingin dicat. Tapi sebenarnya punya fungsi lain juga!

Diantaranya berguna saat memasang kondom tangki. Isolasi ini bisa digunakan untuk menutupi tangki standar bawaan motor sebelum kondom dipasang.

“Tujuannya untuk melindungi cat original agar tidak rusak. Selain itu saat pemasangan double tape lebih mudah dan daya rekatnya lebih kuat,” tutur Koko dari Sportisi Motorsport.

Fungsi lainnya lagi adalah berguna ketika melakukan proses turun mesin. Isolasi ini bisa digunakan sebagai pelapis rangka saat hendak melepas atau memasang mesin.

“Agar cat pada rangka tidak rusak,” tutur Asep Supriadi mekanik dari Ngayun Speed. Misalnya untuk melapisi dua rangka tengah yang bersentuhan langsung dengan bagian belakang mesin. Bagian ini paling sering terbentur.
 
Isolasi kertas ini memiliki bermacam ukuran ada satu atau dua inch. Mencarinya pun mudah, toko-toko material atau khusus cat biasanya menjajakannya. Harganya juga tidak terlalu mahal, cuma Rp 5 sampai 15 ribu saja.

Satu lagi yang harus diingat, isolasi kertas ini jangan digunakan sebagai penutup sambungan kabel, karena isolasi ini dapat menghantarkan arus listrik! (motorplus-online.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa