Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Langkah Cuci Motor, Sederhana Tapi Penting!

billy - Kamis, 5 Januari 2012 | 14:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sebentar hujan sebentar terik, baru dicuci sudah kotor lagi! Alhasil para pengguna motor kini dibuat repot karena kuda besi andalannya jadi lebih sering kotor. Meski begitu, ritual cuci motor di musim hujan wajib lebih sering dilakukan.

Bukan hanya sekedar demi tampil bersih, namun kebersihan motor ternyata juga mempengaruhi performa. Misalnya rantai roda kotor dengan lumpur sehingga lebih cepat aus. Belum lagi karat bisa muncul dari kotoran yang menumpuk dan zat asam dalam air hujan.

Biar enggak berat mengerjakannya, kita simak trik dari Probo Kusuma, punggawa Motor Bridal 04. "Yang paling penting adalah mencuci bagian kolong motor terlebih dahulu" ujarnya. Menurut Probo, ada efek psikologis yang muncul ketika kita mencuci bagian kolong motor terlebih dahulu.

"Motor akan terlihat bersih jika kolong motor sudah terlihat bersih walaupun bodi masih kotor" jelas Probo. Nah, dengan menatap motor yang sudah terlihat bersih karena mencuci bagian kolong diharapkan pencuci motor termotivasi kembali untuk menyelesaikan pekerjaannya dan tidak merasa lelah.

Untuk membersihkan kolong, sebaiknya sediakan sikat cuci dan sikat gigi. Sikat besar berfungsi untuk merontokkan kotoran membandel seperti lumpur dan oli di area yang luas seperti ban dan kolong sepatbor. Sedangkan sikat gigi digunakan untuk menjangkau area sempit seperti celah kaliper dan teromol.

Untuk membersihkan kolong bisa dibantu dengan penggunaan sabun colek. "Itu boleh dipakai untuk mencuci bagian kolong dan kaki-kaki. Tapi jangan buat mencuci bodi soalnya sabun cuci piring tidak didesain untuk melindungi cat," wanti Probo.

Sedang untuk bodi, yang perlu dicermati adalah penggunaan sabun atau shampoo yang digunakan. "Harus punya PH (kadar asam) yang netral atau seimbang, biasanya produsen telah mencantumkan hal ini di produk jualan mereka," ungkap pria yang gerainya terletak di Jl Kebon Jeruk VII No 18, Kota, Jakarta Barat.

PH pada shampoo yang terlalu tinggi bersifat tajam sehingga merusak lapisan cat yang ada. Hal lain yang tak penting adalah penggunaan spons khusus yang hanya digunakan untuk mencuci bodi.

Tujuannya agar spons terbebas dari kontaminasi kotoran yang bisa membaret cat bodi motor. Itu sebabnya dilarang menggunakan spons yang sama dengan yang digunakan untuk mencuci kolong motor yang dikotori lumpur dan pasir. Hiyyy... bisa baret deh!

Lalu yang terakhir adalah proses pengeringan dengan menggunakan dua jenis lap. Probo menganjurkan menggunakan lap chamois atau kanebo ketika motor masih dalam keadaan basah karena lap tipe ini mampu menyerap air dengan banyak.

Setelah kering lanjutkan mengelap dengan menggunakan microfiber. Lap ini memiliki kemampuan menyerap partikel air agar motor benar-benar kering sempurna.

"Motor harus benar-benar kering untuk menghindari timbulnya jamur dan bercak air di bodi motor" jelas Probo. Nah setelah proses pengeringan ini selesai, si kuda besi udah bisa ditunggangin lagi deh! (motorplus-online.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa