Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Bikin Behel Scoopy Lebih Dinamis

billy - Minggu, 13 Februari 2011 | 17:08 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Banyak cara untuk mengubah tampilan Honda Scoopy jadi lebih manis. Kodratnya memang sudah klasik tinggal dibuat jadul. Agar tidak tampil nanggung, seperti pada behel yang dibuat kurang aksi. Juga bertentangan dengan gaya lamanya.

Cara paling mudah, bisa terapkan behel jok aftermarket. Modelnya sepintas mirip kepunyaan skubek Yamaha Fino dipakai ke Scoopy. "Kelihatan  lebih eye catching dari pada bawaan motor," sahut Gatot Santoso pemilik skubek Scoopy.

Dari bentuk dan bahan juga berbeda. "Kalau yang orisinal berbentuk bulat dan dibuat dari besi. Sedang behel buatan negara Thailand ini memiliki bentuk oval dan bahan aluminium," tambahnya.

Seandainya dilihat, part yang terkenal buatan Negara Gajah Putih ini memang serupa dengan Yamaha Fino. Mulai dari desain dan bahan sama. Hanya saja kedudukan baut yang beda.

"Buat menebus peranti ini cukup rogoh kocek Rp 220 ribu yang dilapisi krom. Tapi, untuk yang berbahan carbon harganya lebih mahal sedikit Rp 270 ribu," jelas Andy yang membuka gerai Andy Matic Concept di Jl. Jagakarsa Raya No. 2, Jakarta Selatan.

Sekarang kita tengok pemasangan yang dilakukan Andy. Pertama buka jok dengan menggunakan kunci kontak. Setelah jok dibuka, lanjutkan melepaskan baut yang mengunci pada behel jok.

Untuk proses bongkar-pasang, juga mudah kok. Asalkan sudah menyiapkan alat kerja seperti kunci T ukuran 12. "Jangan pakai kunci pas. Lebih baik gunakan T 12. Itu biar baut yang mau dibuka gak slek alias gak rusak," saran pria yang punya banyak tato di sekujur tubuhnya ini.

Setelah dipasang, silakan buktikan bagaimana hasilnya? (motorplus.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa