Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Membuat Cover Pelindung Mesin KLX 150

billy - Sabtu, 29 Januari 2011 | 16:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Desain duk sesuai selera
Jakarta - Kalau ada niatan Kawasaki KLX150 kesayangan buat dipakai adventure atau off-road, tak ada salahnya mempersiapkan besutan lebih matang. Bukan cuma mesin dan kaki-kaki saja lo, yang harus fit. Dek pelindung mesin juga sebaiknya kudu ada.

Karena pastinya ente enggak mau dong, saat melintas medan berat, terutama daerah berbatu, tiba-tiba tanpa disangka ada batu atau benda keras ‘menyerang’ dan menghajar bagian bawah mesin. Bisa-bisa melukai material blok mesin atau bahkan retak.

“Namanya juga adventure, bisa saja menghantam batu atau batang kayu,” tutur Mariasan Kocex dari JP Racing Bintaro. Toh, gak perlu pusing di mana nyari-nya part yang dimaksud. Sebab pelindung mesin tersebut bisa dibuat sendiri bermodal pelat aluminium.

Sebelum membuat, persiapkan terlebih dulu alat-alatnya biar pengerjaan bisa sempurna. Mulai dari karton, spidol, gunting pelat, gerinda tangan, bor listrik dan tentunya kunci-kunci.

Jika sudah lengkap, buatlah desain awal alias mal di atas karton menggunakan spidol. Desainnya bebas terserah selera Anda. Asalkan tujuan utama untuk melindungi bak mesin tercapai. Setelah itu, tempel mal di atas pelat aluminium 3 mm yang akan dipotong dengan gunting.

“Lakukan dengan teliti agar mal tidak meleset,” terang Kocex. Setelah pelat aluminium terpotong, gunakan gerinda tangan untuk menghaluskan pinggiran pelat agar tidak tajam.

Haluskan pinggiran dek dengan gerinda tangan (kiri). Dek nebeng di footpeg (kanan)
Lanjutkan dengan melubangi kuping dek dengan bor listrik agar pelat dek bisa duduk di sasis KLX150. Persisnya menebeng dengan baut dudukan footpeg.

Selebihnya tinggal menyesuaikan kontur pelat dek dengan sasis agar bisa menempel rapi. Sebagai finishing, pelat dek bisa dilubangi dengan mata bor besar berdiameter antara 2-3 cm untuk ventilasi bagi mesin.

Mudah kan? Selamat mencoba ya! (motorplus.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa