Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Spidometer Satria FU 150 di Yamaha Scorpio, Kecil Tapi Menarik

billy - Senin, 10 Januari 2011 | 07:22 WIB
Pasang Spidometer Satria FU 150 di Yamaha Scorpio, Kecil Tapi Menarik
Pasang Spidometer Satria FU 150 di Yamaha Scorpio, Kecil Tapi Menarik

Jakarta - Pengin tampilan Yamaha Scorpio Anda terlihat beda dibanding biasanya? Enggak ada salahnya meniru Adi Purnomo, pembesut si Kalajengking edisi 2005 ini. Yakni aplikasi spidometer Suzuki Satria FU 150 orisinal pada tunggangan kesayangan.

“Bentuknya memang lebih kecil, tapi tambah memikat dan keren. Masalahnya spidometer FU, selain mengusung sistem analog, juga dilengkapi digital. Hal ini yang bikin tampilan tunggangan terlihat makin berteknologi tinggi,” aku Adi.

Tak heran bila hal itu bikin anggota Scorpio Riders Community (SRC) ini rela keluarin dana Rp 750 ribu untuk pasang peranti tersebut, serta menunggu hingga 2 hari untuk pengerjaannya.

“Awalnya mau pasang yang versi aftermarket. Tapi fungsinya kadang tidak normal, tak sedikit yang ngaco. Sayang juga keluarin duit hingga lebih dari Rp 1 juta kalau hasilnya tidak memuaskan. Tapi kalau spido satu ini, kerjanya dijamin akurat,” kekeh bapak 1 anak ini.

Penasaran bagaimana cara pasang peranti tersebut sehingga bisa berfungsi normal? Yuk sambangi Nazar Motor (NM) di Jl. Kebagusan Raya II No.22, Jaksel.
 
“Pemasangannya tidak begitu susah. Namun biar kinerjanya akurat dan optimal, sensor spidometer sekaligus gigi sensor (gbr.1) bawaan Suzuki Satria FU orisinalnya mesti dipasang,” ujar Nazar, penggawang NM.
Pasang Spidometer Satria FU 150 di Yamaha Scorpio, Kecil Tapi Menarik
Pasang Spidometer Satria FU 150 di Yamaha Scorpio, Kecil Tapi Menarik
Langkah awal, bikin braket dudukan spidometer FU pada setang Scorpio. Lanjutkan menyambung kabel-kabel spido FU pada kabel bodi Scorpio.
 
Penyambungan kabel, kudu dicek satu per satu disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. “Agar rpm-meter pada spido FU bisa berfungsi normal, kabel rpm digabung kabel ke pulser warna merah muda,” wanti Nazar.

Kalau hal di atas sudah dikerjakan, bikin dudukan gigi sensor dan dudukan sensor spido FU. “Caranya, bor as gir depan pakai mata bor ukuran 12 mm yang dilanjutkan bikin ulir pada lubang itu (gbr.2). Lubang ini, nantinya untuk mengikat gigi sensor pakai mur 12 mm (gbr.3),” yakin pria, yang sudah 2 kali mengerjakan proyek ini.

Kemudian bikin braket pegangan sensor yang diikat pada lubang baut di bawah gir depan. Lalu pasang sensor spido FU pada braket tersebut menggunakan obeng kembang (gbr.4).

“Usahakan sensor hampir menempel pada gigi sensor, agar hasil yang terbaca tetap akurat (gbr.5). Namun kalau kurang akurat, sensor ini bisa disetel/disesuaikan hingga pas dengan mengubah maju/mundur braketnya,” tutup mekanik pengalaman 10 tahun ini. (motorplus.otomotifnet.com)

Telp.021-96790080

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa