Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Trik Atasi Bodi Plastik Berisik

billy - Selasa, 23 November 2010 | 11:39 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTINET - Desain motor saat ini makin gaya dan modern. Berbagai bentuk yang dinamis, sungguh berbeda dengan rancangan beberapa masa lalu. Tentu ini terjadi karena bahan baku pembuat bodi semakin baik dan sudah ada teknologi yang mendukungnya.


Tapi umumnya bahan-bahan tersebut terbuat dari bahan plastik, karena memang mudah dibentuk dan ringan, sehingga tunggangan pun tetap efisien karena bobotnya enteng. Namun, tampilan ini tetap harus dijaga, selain mempertahankan keutuhan warnanya, beberapa hal juga perlu diperhatikan, berkaitan sama ‘baju' motor ini.

No caption
No credit
No caption

Gbr 1 
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3

Gbr 4

"Kondisi jalanan yang dilalui mempengaruhi kondisi motor," ujar Willy Dreeskandar, dari F16 Motor di Jl. Ciledug Raya, Ciledug, Tangerang, Banten dalam suatu kesempatan. Memang benar ujar lelaki jangkung itu, keawetan tunggangan bergantung juga pada kondisi yang dilalui, jika kerap digunakan di jalan jelek, tentu beban yang diterima motor pun semakin berat.

Apalagi, bahan-bahan plastik pada bodi ini memang hanya diikat sekrup, baut atau klem. Jalan rusak, bergelombang atau pun getaran mesin bisa membuat ikatannya menjadi longgar, bahkan ada beberapa bagian ini bisa patah, karena hal tersebut.

Jika diperhatikan secara menyeluruh, ada beberapa titik yang mesti mendapat perhatian lebih pada bodi ini. Seperti di skutik dan motor bebek, setangnya terselubung oleh cover berbahan plastik (gbr.1). Selain menutup setang, juga menjadi tempat bertenggernya lampu utama dan sein.

Di bagian ini terdapat braket-braket yang perlu diperhatikan. Seperti dudukan lampu-lampu tadi, lalu pengikat ke setangnya. Jika pengikatnya longgar, sudah pasti akan berisik, bahkan jika dibiarkan akan patah. Kencangkan sekrup pengikatnya, tetapi tidak boleh terlalu erat, karena bisa merusak braket plastiknya (gbr.2).

Lantas, pada skutik dan bebek, tak sedikit yang menggabungkan bagasi sekaligus dudukan buat jok. Nah, ini jadi beban tersendiri untuk komponen tersebut. Perhatikan baut pengikat pada engsel joknya, kencangkan pengikatnya, lalu perhatikan juga bagian lainnya seperti baut pengikat ke sasis.

Sementara itu, beberapa motor sport bergaya turing saat ini juga menggunakan bahan plastik sebagai ‘hiasan' bodi. Seperti penggunaan cowling dan aksesori lain di tubuhya. Otomatis, ada pengikat ke bodi untuk bagian ini.

Seperti di Yamaha Scorpio baru, ada cowling yang diikat pakai baut L. Agar selalu terjaga baik, ikatan bautnya perlu diperhatikan kekencangannya. Juga karet-karet pada soket yang mengikat ke bodi. Tak boleh ada yang copot agar dudukannya tetap pas. Lihat kondisi soket serta posisikan agar terpasang dengan baik (gbr.3).

Pada dudukan sekrup (gbr.4), ada juga yang dilengkapi dengan sil karet. Fungsinya sebagai tatakan buat komponen yang diikat sekrup tadi. Jika bagian ini hilang, perlu diganti, karena tanpa sil ini sudah pasti parts itu akan bergetar, meski sekrupnya sudah diikat kencang.

F16 Motor: 021-93339816

Penulis/Foto: Ben / Salim

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa