Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Setang Jepit di Yamaha V-Ixion

billy - Jumat, 19 November 2010 | 13:36 WIB
No caption
No credit
No caption

 

OTOMOTIFNET - Menunggangi motor ten­tu tak sekadar asal duduk, pegang setang lantas melaju. Ada beberapa hal lain yang bisa memberikan pembeda dari yang lain. Jadi, tak hanya dari aksesori saja bisa membikin tampilan motor berbeda, gaya menunggang pun bisa membuat makin bergaya.

Salah satu caranya dengan menggunakan setang yang tak sama dengan standarnya. Seperti setang jepit untuk Yamaha V-Ixion ini. Selain mengubah bentuk tunggangan lebih mirip motor sport ketimbang turing, posisi penunggangnya pun menjadi lebih dinamis.

Tubuh pengendara menjadi lebih merunduk dengan setang jepit ini, bahkan seolah-olah memeluk tangki bensin, layaknya motor balap sekelas MotoGP. Di pasaran, cukup banyak tipe setang jepit seperti ini.

"Selain modelnya, bahannya pun beragam," tutur Johan Sanjaya, dari KMS di Jl. Budi Raya, Kemanggisan, Jakbar. Karena itu, harga pun berbeda-beda. Tetapi, meskipun begitu, cara pemasangannya hampir sama.

"Ada yang hanya sekadar menjepit sokbreker saja, ada juga yang perlu mengganti segitiganya juga," ujar lelaki yang gemar berkreasi dengan lampu LED itu.

Oh ya, kisaran harga setang jepit ini mulai Rp 120 ribu hingga Rp 650 ribu. Berikut pemasangan setang jepit dengan bahan duralium yang dilego seharga Rp 250 ribu. "Setang jepit ini paling banyak diaplikasi, karena bahannya ringan dan kuat, serta pemasangannya pun mudah," tuturnya.

Memasang setang jepit ini perlu melepas setang asli, diawali melepas grip gas dan panel lampu serta dudukan spion, grip gas dan panel lampu dibuka menggunakan obeng kembang, sementara dudukan spion dengan kunci ring/pas 8 mm (gbr.1). Lakukan hal sama untuk sebelah kiri.


Gbr 1
No caption
No credit
No caption

Gbr 2
No caption
No credit
No caption

Gbr 3
No caption
No credit
No caption

Gbr 4

Setelah itu lepas setang dengan mencopot pengikatnya menggunakan kunci L-6 (gbr.2), ada empat buah baut perlu dicopot, agar setang bisa terlepas. Lanjut lagi, dengan membuka ikatan sokbreker pada klem segitiga, menggunakan kunci yang sama (gbr.3).

Nah, agar bagian atas sokbreker menyembul sebagai dudukan setang, maka longgarkan juga baut 14 mm di klem segitiga bawahnya (gbr.4). Kemudian setelah seluruh baut pengikat sokbreker pada klem segitiga atas dan bawah sudah dilonggarkan, tekan bagian depan tunggangan sehingga bagian atas sokbreker menyembul. Lantas pasang setang jepit dengan dilanjutkan mengikat erat dengan kunci L.

Setelah semua terpasang kembali, rangkaikan dudukan grip gas, panel lampu serta braket spion pada kedua sisi setang.

KMS Telp 021-91642753


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa