Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelek Road Race Racing Boy, From Malay

billy - Kamis, 28 Februari 2013 | 16:10 WIB
No caption
No credit
No caption


Menyambut musim balap 2013. Banyak tim yang menyiapkan senjata baru. Seperti tim Yamaha Tunggal Jaya, punya dua senjata baru dari Malaysia dan satu peluru dari Amerika.

Tiga senjata baru Yamaha Tunggal Jaya itu berupa suspensi, pengapian dan pelek. Namun hanya satu yang boleh dikasih bocoran. Pelek yang memang terlihat dari luar dan bentuknya mencolok.

Untuk pelek akan mengadopsi merek Racing Boy asal Malaysia. Satu senjata baru lagi dari Malay tidak mau dikasih tahu ke umum dulu. Menunggu seri 1 Indoprix selesai. Kalau ternyata berhasil akan diblow up lewat mulut Hawadis, sang mekanik.

Pelek Racing Boy buatan Malaysia ini punya ukuran 1,60 x 17 untuk depan. “Sedangkan yang belakang 1,85 x 17,” jelas Malix, salah satu mekanik bawahan Hawadis.

Supaya stabil, Racing Boy yang dipakai dipilih yang palang 8. Lebih stabil karena lebih rapat. Seperti pelek jari-jari yang lebih rapat. Meski palangnya banyak namun bobotnya tidak berat. Utuk pelek depan hanya beda 1 ons dibanding pelek jari-jari aluminium. Itu sudah termasuk teromol dan jari-jari.

Menurut Malix, bobot segitu belum termasuk ban dalam. Kalau di pelek jari-jari ditambah ban dalam yang bobotnya 2 ons, bisa lebih enteng pelek palang Racing Boy ini.

Selain itu, menggunakan pelek palang ini tidak berisiko. Karena bisa dipasangi ban tubeles. Ketika tertusuk paku sedang balapan, ban tidak langsung kempes. Sebab menurut pengalaman banyak pelek jari-jari yang gak finish gara-gara ban kempes ketika race.

Memang sih ada juga yang mengecap kalau pake pelek palang jika nabrak bisa pecah. Tapi, biasanya kalau pelek sampai pecah, pembalapnya juga cedera. Akhirnya tetap saja tidak finish.

Jadi, tetap lebih menguntungkan pelek palang. Mana ada sih di MotoGP atau balap aspal lainnya pakai pelek jari-jari. Hanya di road race Indonesia saja yang bertahan dengan jari-jari.

Untuk keterangan teknis pelek seharga Rp 1,5 juta bisa tanya Valentino Motor. Alamatnya di Jl. I Gusti Ngurah Rai, No. 88, Bintara, Bekasi. Telepon 08188-76576. (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa