Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Alternatif Pilihan Merek Busi di Tengah Tingginya Pemalsuan

Dimas Pradopo - Jumat, 4 Januari 2013 | 09:29 WIB
No caption
No credit
No caption


Selain produsen busi Denso dan NGK yang lebih akrab di pasar spare part tanah air, juga banyak busi merek lain. Menariknya, belum busi-busi ini belum jadi sasaran oknum pemalsuan busi.

Mungkin, karena belum banyak juga bikers memilih busi yang performanya tak kalah bagus dengan dua busi branded tadi. Jadi, oknum pilih merek busi yang pangsa pasarnya lebih besar.

Sebut saja TDR Racing. Merek busi yang produsennya terkenal dengan part racing ini juga mengeluarkan pemantik api di ruang bakar itu.

“Setidaknya TDR mengeluarkan empat busi dengan beragam kebutuhan dan keperluan. Baik itu untuk harian, balap dan juga turing,” sebut Benny Rachmawan selaku Product Development Mitra 2000 selaku distributor TDR di Indonesia.

Buat harian, TDR mengeluarkan tipe Balistic. Sedang buat balap, ada tipe Iridium dan Half Projected. Untuk yang Half Projected ini, bentuk kepala busi lebih masuk. “Cocok untuk mesin modifikasi yang sudah menganut kompresi tinggi,” tambah pria ramah berkacamata ini.

Selain TDR, ada juga Autolite. Busi yang berasal dari Amerika Serikat ini menawarkan lima pilihan. Mulai dari busi biasa, platinum hingga iridium-platinum yang usia pakai busi lebih panjang dari tipe busi lainnya.

Tapi, tentunya busi-busi seperti ini juga memiliki ciri tertentu yang menjadi khas keaslian merek. Misalnya seperti di Autolite. “Ciri keasliannya ada di bagian keramik yang melebar ketika masuk ke bagian logam. Selain itu masih adalagi, yaitu warna logam yang terlihat seperti terbakar,” timpal Peter Dionisius dari PT Autochem Industry, distributor produk Autolite di Indonesia.  (motorplus-online.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa