Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kopling Otomatis Special Engine, Bikin SE Kayak Bebek

billy - Jumat, 30 November 2012 | 12:44 WIB
No caption
No credit
No caption


Bermain off road, lelah tapi memang menyenangkan. Pengalaman yang didapat, seakan sulit diungkapkan lewat kata-kata. Tapi, ada cara lain yang bisa dilakukan agar pengalaman itu bisa berkata-kata. Yaitu, aplikasi kopling otomatis.

“Pakai kopling otomatis, seakan berkendara dengan motor bebek aja. Tidak harus berpikir menarik kopling untuk manaikan atau menurunkan gigi. Atau ketika menikung,” ungkap H. Utris Uwok dari tim Cargloss AHRS BJM TKN.

Pria yang juga mengandalkan pacuan KTM 250SX untuk berlaga di ajang motocross kelas executive ini, aplikasi kopling otomatis merek Rekluse. "Ada tiga model yang ditawarkan. Kalau yang tipe lama, memang membuat kopling full otomatis. Ya, macam motor bebek. Jadi, sebenarnya enggak perlu lagi tuas kopling,” sebut pria ramah yang tinggal di Bandung, Jawa Barat itu.

Nah, karena tak diperlukan lagi tuas kopling, banyak pembalap atau pemilik motor yang memasang rem belakang di setang. Posisi tuas rem belakang itu, menggantikan posisi tuas kopling.

Tapi, pria yang akrab dipanggil H Uwok ini, Rekluse juga mengeluarkan versi terbarunya. Di model terbarunya ini, Rekluse mengembangkan teknologi agar kopling itu bersifat semi otomatis. Yaitu, Rekluse Core EXP.

"Tidak seperti sebelumnya, untuk model baru ini kopling bisa diselip atau setengah kopling untuk mendapatkan power lebih ketika putaran rendah,” beber racer yang kerap juara pertama di kelasnya itu. Best time tiap putaran juga bisa lebih cepat.

Ya, dengan ‘menggantung’ kopling putaran mesin bisa meraung lebih cepat tanpa harus menunggu traksi di tanah. Kondisi ini jelas berguna buat start ataupun ketika ingin keluar tikungan lebih cepat. “Kalau tuas tidak ditarik, ya fungsinya tetap sama. Otomatis juga kok. Tapi, kalau pakai yang tipe ini, posisi rem tetap di kaki,” tambahnya.

Kalau sobat tertarik pasang! Ada tiga pilihan model ditawarkan. Untuk tipe tertinggi, Core EXP yang dijual Rp 9,3 juta. Lalu, tipe z-Start Pro Rp 6,3 juta dan tipe Exp Rp 4,3 juta. Semua part bisa didapat di Budi Jaya Motor, Jl. Rancabolang No. 112, Margahayu Raya, Bandung, Jawa Barat. Telepon (022) 7564229. “Kalau ingin tambah adjustable slave, tinggal tambah Rp 1 juta,” tutup H. Uwok.

Dijajal! (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa