Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Aneka Special Tool Kit, Dijamin Nggak Bikin Lecet Saat Bongkar Pasang

billy - Rabu, 28 November 2012 | 12:18 WIB
No caption
No credit
No caption

Semua komponen ada di motor yang diikat mur, baut dan sekrup mestinya dapat dibuka mudah. Tapi, tentu harus menggunakan kunci-kunci (tool kit) tepat. Sehingga tidak cepat slek apalagi lecet. Selain tool kit yang sudah kita kenal, di pasaran ada beberapa kunci istimewa untuk memudahkan proses pembongkaran.
No caption
No credit
No caption

Kunci Mur Baut Slek
Kalau kepala baut atau mur sudah slek, pakai kunci standar apapun tetap aja peranti pengunci ini susah dibuka atau dikendurkan. Apalagi kalau tetap dipaksa kunci yang permukaannya rata, makin botak  aja tuh peranti pengunci. Dan kalau sudah parah, biasanya hanya tukang bubut yang mampu membuka mur-baut yang dol.

Nah, kini enggak perlu repot datang ke bengkel bubut apalagi sampai gotong-gotong mesin cuma mau copot baut dol. Sebab toko UD Gemilang melansir tool kit seperti kunci inggris kecil yang didesain khusus buat buka mur-baut dol. "Caranya tinggal jepitkan kunci bergerigi itu ke baut dol, lalu putar ke arah berlawanan buat ngebukanya. Kunci ini dijual seharga Rp 40 ribu," ucap Meilan koodinator di toko tersebut.

No caption
No credit
No caption

Treker Gigi Sentrik
Gigi sentik atau gir kecil yang ada di poros kruk as, tugasnya selain menghubungkan juga memutar gir camshaft. Alhasil buka-tutup klep sempurna mengalirkan gas bakar dan gas sisa bakar. Karena fungsinya itu, banyak mekanik seting ulang gir sentrik dan gir cam agar dapat performa lebih.

Cuma masalahnya untuk membuka komponen ini sangat sulit jika menggunakan kunci biasa. Belum lagi ruangnya terbatas. Tapi, enggak usah bingung, sekarang ada kunci pembuka gigi sentrik yang terpasang dengan metode disok alias cuma dipress dan enggak dikunci ulir. Lantaran sistemnya model disok, Toko UD Gemilang pun melansir traker gigi setrik khusus buat para tunner.

Dijual dengan harga Rp 90 ribuan, tool kit special ini tersedia buat semua motor. Apalagi bentuknya sesuai dengan keinginan dan tidak merepotkan pada saat melakukan pembongkaran.

Kunci Setel Klep Fleksibel
Kunci setel klep rata-rata bentuknya L dan batang yang pendek sebagai mata kunci penyetelnya. Karena bentuknya begitu, tak ayal proses setel klep kerap terkendala ruang. Akibatnya batang yang lebih panjang harus benar-benar di posisi bebas. Belum lagi tangan mekanik satunya harus memutar mur pengunci pakai kunci ring biar celahnya enggak bergeser.

Kini mekanik dipermudah mengunakan kunci setel klep model sliding yang batang pemutarnya bisa diposisi manapun. "Posisi mekanik bisa dimana aja. Juga gampang mutar kunci buat cari celahnya. Kunci setel klep baru merek Gip On ini di lego Rp 20 ribu," lanjut Meilan yang bisa ditemui di Komplek  Glodok Jaya Jl. Hayam Wuruk No. 37, Jakarta Barat. Telepon  (021) 6255545.

No caption
No credit
No caption

Kunci T Tutup Lubang Intip Magnet
Biar mudah seting timing pengapian, tutup lubang intip di magnet mesti dibuka. Cuma butuh obeng min lebar. Dan pastinya enggak semua bengkel punya. Makanya pada pakai kunci sembarang sehingga bikin lubang penutup lecet atau slek.

Nah, biar enggak bikin rusak, sekarang tersedia obeng khusus pembuka tutup lubang intip tanda top di magnet. Bentuk mata obeng seharga Rp 15.000 ini tentu sesuai dengan lubang yang ada di tutupnya. Jadi, anti slip dan slek.


Rim Protector
Kekhawatiran pemilik motor berpelek racing (palang) ketika melepas ban yaitu bibir pelek lecet. Akibatnya permukaannya jadi kelihatan cacat sehingga tidak enak lagi dilihat.

Namun kecemasan itu enggak lagi dirasakan pemilik motor jika memiliki Rim Protektor merek Grip-On. Sebab tool kit special ini berfungsi melindungi bagian lingkar luar pelek. Seperti diketahu kalau lingkar luar pelek palang kerap dijadikan alas penahanan batang pencungkil pada saat melakukan pembongkaran ban luar. Tak heran jika lingkar luar pelek jadi terlihat cacat.

"Kalau pakai Rim Protector dijamin lingkar luar pelek palang enggak akan rusak. Sebab tool kit khusus ini dirancang lebih kuat menahan tekanan batang pengukit. Jadi, dijamin enggak cacat deh," yakin Meilan  yang ngejual alat ini Rp 35 ribu.  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa