Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Ban Drag Bike, Kecil Tapi Menggigit

billy - Rabu, 19 September 2012 | 12:39 WIB
No caption
No credit
No caption

Balap karapan motor alias drag bike jenis balapan yang lawannya bukan cuma dikejar-kejar motor. Tapi, catatan waktu jadi acuan. Selain performa mesin, ban jadi instrumen penting untuk mendrongkrak akselerasi. Tujuannya? Ya untuk mengejar cacatan waktu terbaik.

Jadi, pada saat memilih ban jangan sampai salah pilih!! Karena jika salah resikonya, handling motor jadi susah dikendalikan alias liar. Hasilnya, catatan waktu pun jadi molor.

Di ajang balap adu kebut trek lurus, karakter ban drag semuanya berukuran kecil. Tapi, uniknya tidak mengurangi daya traksi alias lengket dengan aspal. Selain itu, serbuan ban produk Thailand ikut memeriahkan ajang karapan motor yang saat ini marak di Indonesia. Ada beberapa varian tipe dan merek ban yang dibisa digunakan di ajang balap drag bike.

Diantaranya ada varian ban yang jenisnya slik alias tanpa kembangan, bahannya terbuat dari compound yang bersifat soft disinyalir dapat menambah daya cengkram. Dilihat dari ukuran juga bervariasi dari mulai yang paling kecil 45/90-17 sampai yang paling besar 80/90-17. Selain itu, tipenya beragam, mulai dari yang cocok untuk trek basah sampai cocok disegala cuaca.


Nah, biar enggak penasaran yuk disimak ulasannya!!!
No caption
No credit
No caption
MICHELLIN PILOT SPORTY DAN M85
Menurut Bagus Ardian dari Planet ban, ban Michellin dapat menopang beban sehingga bisa menjaga daya cengkram saat dipakai balap. Ban ini punya compound super soft dan kembangannya didesain untuk balap. “Selain itu, harganya juga ekonomis, tapi kualitasnya tidak kalah dengan produk dan merek lain,” tambahnya.

Pria asal Yogyakarta ini menjelaskan, untuk ukurannya Michellin tipe Pilot Sporty ada dua jenis, 60/90-17 dibanderol Rp 265 ribu. Sedang ukuran 70/90-17 Rp 310 Ribu. “Selain itu ada tipe lain, M85 dengan ukuran 60/90-17 Rp 250 ribu,” kata Bagus yang kantornya di Jl. Tole Iskandar, No 109-110, Depok Timur.


1. MIZZLE DRACO
Keunggulan ban ini jenisnya wet and dry race. “Jadi enggak bingung ketika pada saat balapan tiba-tiba hujan turun. Karena jika dipakai di sirkuit yang kondisinya basah, ban ini akan tetap bisa mengigit,” bilang Supit Hidayat dari Mizzle Shop.

Ban ini juga dirancang untuk kecepatan maksimum 180 km/jam. Untuk urusan harga, ban ini cukup ekonomis ban dengan ukuran 70/80-17 dibanderol Rp 142 ribu, 80/80-17 dilego Rp 183 ribu dan untuk ukuran 90/80-17 harganya Rp 232 ribu. “Itu baru harganya yang list, kalo beli disini akan diberikan diskon sebesar 10%,” jelas Supi yang kantornya di Jl. Dewi Sartika, RT 004/03, Ciputat, Tangerang.

2. CAMEL
Ban yang berasal dari Thailand ini dirancang khusus untuk ban depan. Ukurannya pun paling kecil dibandingkan dengan varian lain. Ukuran 45/90-17 tidak mengurangi daya gigit karena bahannya menggunakan soft compound.

Selain itu, Menurut Tomo, ban yang dijual dengan harga Rp 275 ribu ini dilengkapi dengan ukuran beban maksimum 78 kg. “Ban ini khusus untuk depan. Jadi, ada ukuran maksimum, juga sebagai acuan bahwa ban ini tidak bisa digunakan di belakang,” beber Tomo yang bos Tomo Speed Shop di Jl. Bendungan Jago Raya No. 6-7, Kemayoran, Jakarta Pusat.

3. IRC EAT MY DUST

Ban ini termasuk paling akrab dengan motor drag. Maklum, di pasaran merek dan tipe ban ini laris manis diserbu para speed jungkies. Selain itu, untuk mendapatkan jenis ban ini tidak sulit. “Sekarang ini Eat My Dust yang lagi banyak dicari orang,” bilang Veronica Nancy dari New Gaya Motor di Jl. HOS Cokrominoto No. 7E, Kreo, Batas, Ciledug, Tangerang.

Keunggulannya, ban yang ‘dilahirkan’ dari pabrik ban IRC Thailand ini memiliki compound yang memang sudah didesain untuk balap, sehingga memang harganya sedikit lebih mahal.

Selain itu, “Eat My Dust itu kembangannya banyak. Bentuk grip ban segitiga jadi bisa lebih lengket dengan aspal. Apalagi jika dipakai ketika trek dalam kondisi basah,” ungkap Tomo alias Utomo Tjioe, komandan Tomo Speed.

Untuk harga dan ukuran ban ini ada 4 varian. Yaitu, untuk ukuran 45/90-17 harganya Rp 425 ribu, sedangkan untuk ukuran 60/80-17 harganya Rp 475 ribu. Ukuran 70/80-17 harganya Rp 525 ribu dan ban yang cocok untuk ban belakang yang ukurannya 50/100-17 harganya Rp 550 ribu.

4. VEE RUBBER DRAKULA DAN SATAN
Vee Rubber termasuk ban yang juga banyak beredar diajang adu kebut. Walaupun banyak yang mengeluhkan kembangan ban ini cepat habis, namun ban asal Thailand ini masih akrab dengan motor drag.

Saat ini, Vee Rubber baru saja mengeluarkan varian baru, yaitu Vee Rubber Drakula. Ban dengan tipe slik alias tanpa kembangan punya beban lebih ringan dibandingkan dengan merek dan tipe yang lainnya. Tetapi, tidak mengurangi daya traksi.

Menurut Miekeel Tjahjanto dari MC Racing, Vee Rubber itu bisa dibilang ban paling lengket. Apalagi sekarang ada tipe baru yang tanpa kembang, walaupun ban ini belum pernah dijajal, tapi kemungkinan bisa lebih mencengkram lagi,” tambah pria yang tokonya berada di Jl. Kebon Jeruk IX No. 20, Hayam Wuruk, Jakarta Barat.

Dari segi harga, Vee Rubber Drakula lebih mahal jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu Vee Rubber Satan. Untuk ukuran 60/75-17 dibanderol Rp 650 ribu dan ukuran 65/75-17 seharga Rp 650 ribu. Sedangkan Vee Rubber Satan, ukuran 60/80-17 dilego Rp 450 ribu dan ukuran 70/80-17 harganya Rp 500 ribu. (motorplus-online.com)

 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa