Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bos Klep RC3, Presisi Untuk Aplikasi Klep Sonic

billy - Jumat, 29 Juni 2012 | 10:42 WIB
No caption
No credit
No caption


Untuk keperluan balap, pasti banyak yang menggunakan klep dari Honda Sonic. Punya lebar payung klep isap 28 mm dan buang 24 mm. Ukuran segitu sangat cocok untuk motor balap 110 sampai 150 cc.

Itu yang membuat diperlukan bos klep yang cocok dipadukan dengan batang klep Honda Sonic. Karena secara kasat mata, diameter batangnya 5 mm. “Padahal kalau diukur presisi berbeda antara batang klep isap dan buang,” jelas Sinyo dari DRMS Motor.

Kalau diukur menggunakan alat yang presisi, klep isap 5 mm dan klep buang 4,98 mm. Bedanya 0,02 mm. Makanya diameter lubang bos klep isap dan buang juga harus berbeda.

Itu alasan Sinyo menjual bos klep merek RC3 itu. Lubang diameternya disesuaikan mengikuti batang klep asli Honda Sonic. Alasannya supaya tidak oblak.

Karena perlu bos klep presisi, pembuatannya juga dengan sistem laser. Laser digunakan untuk membuat titik center lubang. Selanjutnya dilubangi dengan mesin bubut CNC.

Bahannnya dipilih yang sudah biasa dipakai para mekanik racing. “Dari AB2 bronch supaya lebih licin dan tidak mudah macet,” jelas Sinyo dari Ruko Galaksi Permai No. 158, Surabaya. Telepon (031) 59-66-295. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa