Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Variasi Bolt On Pabrikan (bag.3), Nih Variasi Kawasaki dan Suzuki

billy - Senin, 26 Maret 2012 | 13:56 WIB
No caption
No credit
No caption

Setelah Honda dan Yamaha, Suzuki dan Kawasaki juga menawarkan variasi pabrikan. Bedanya keduanya pabrikan ini punya ciri masing-masing. Kalau Suzuki didominasi komponen untuk matik, sedang Kawasaki pilih bermain dengan performa, sesuai dengan motor-motor yang dipasarkannya. Yuk simak ulasannya.

Suzuki Indomobil Motor Dominan Skubek
No caption
No credit
No caption

Pabrikan Suzuki juga sudah memiliki komponen untuk mempercantik tampilan produknya. namun kebanyakan produk variasi diperuntukkan bagi skubek.“Kami memiliki paket untuk Spin, Skywave dan Skydrive,” ungkap Yoyok dari divisi spare-parts PT Suzuki Indomobil Motor (SIM).

Varian yang disedia untuk masing-masing skubek tergolong banyak. Seperti misalnya komponen untuk Skywave. Macam spion berwarna cantik, atau tutup kipas angin ngejreng.

Untuk bagian transmisi seperti cover CVT juga sudah ada tersedia. Juga cover untuk spidometer dan tutup kunci. “Untuk Skywave kami punya 37 item. Harganya juga cukup murah. Paling mahal Rp 218 ribu,” bilang Yoyok lebih lanjut.

Yoyok mengungkapkan untuk variasi ini memang sifatnya temporary atau ada waktunya. “Saat Spin muncul, tren yang ada saat itu warna-warna model Posh. Makanya, variasi yang muncul kebanyakan mengikuti tren yang ada,” katanya.

Agak beda dengan spare-parts genuine yang memang tidak terpengaruh dengan model. “Kalau spare-parts sih yang penting penggunaannya. Namanya piston ya memang seperti itu,” bilang cowok yang berkantor di kawasan Tambun, Bekasi, Jawa Barat.

Suzuki juga sedang mengembangkan beberapa varian variasi terbaru mereka. Variasi ini pastinya lebih keren dan modis jika dipakai untuk motor skubek dan juga sport. Bahkan varian yang ada nantinya akan terkait dengan performa.

Untuk membeli variasi berlabel Suzuki Genuine Accesories (SGA) ini bisa tebus langsung di dealer besar Suzuki. “Tapi memang ada beberapa item yang sudah tidak diproduksi lagi,” tutup Yoyok.

Kawasaki Motor Indonesia, Khusus Performa

Variasi meningkatkan power
Kawasaki Motor Indonesia (KMI), menurut Freddyanto Basuki, Manajer Promosi memang tidak memproduksi komponen variasi. Mereka menjalin kerja sama dengan produsen terkenal untuk menyediakan paket variasi. Seperti misalnya BEET.

“Kami hanya menyampaikan kebutuhan untuk motor produksi Kawasaki. Mereka yang membuat. Namun ini resmi pabrikan. Karena dijual di dealer.

Untuk saat ini, KMI hanya menyediakan paketan untuk motor mereka, seperti Kawasaki Ninja 250R, KSR 110 juga ZX-6R. “Lebih banyak untuk mensupport performa motor,” tambah Reiner M. Sitorus, Senior Manager Spare Part KMI.

Seperti suspensi karakter keras untuk Ninja 250R yang dijual Rp 1.055.000. “Ini biasanya memang digunakan untuk mereka yang suka dengan kecepatan,” tegas Reiner.

Karenanya banderol variasi KMI tergolong wah. Sebagai contoh lagi, knalpot Nasser BEET untuk Kawasaki Ninja ZX-6R dijual Rp 27 juta lebih. Woow...

“Yah.. karena memang motor itu tergolong kelas premium. Jadi, variasi untuk dongkrak performa juga mahal. Tapi memang kuantitasnya tidak banyak. Kebanyakan variasi ini untuk Ninja 250R. Ini yang paling laku,” sebut bapak berkantor di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pulogadung, Jakarta Timur. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa