Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Variasi Bolt On Pabrikan (bag.1), Honda Jual Paket dan Satuan

billy - Senin, 26 Maret 2012 | 07:09 WIB
No caption
No credit
No caption

Peluang konsumen untuk terus mempercantik tampilan motor ditangkap pabrikan motor. Produsen motor tidak alergi terhadap komponen pemanis motor. Berbeda jauh pada beberapa tahun lalu. Di mana mereka hanya menyediakan komponen atau spare-parts fungsional bukan tampilan.

“Kesadaran ini sudah ditangkap oleh produsen aftermarket. Mereka melihat ini sebagai salah satu peluang yang baik. Terlebih keinginan modifikasi motor makin tinggi,” ungkap Reiner M. Sitorus, Senior Manager Spare Part dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI).

Namanya pabrikan motor, tentu saja saat mereka membuat variasi sudah disesuaikan dengan kebutuhan di motor. “Untuk pemasangan tinggal pasang alias bolt-on. Tidak perlu lagi memodifikasi. Lebih memudahkan si modifikator atau konsumen yang ingin menggantinya kembali,” kata Andrasyah dari Divisi Pengembangan Spare Part PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Selain kemudahan proses pemasangan, keunggulan lain yang ditawarkan pabrikan terhadap produksi variasi mereka yakni adanya jaminan garansi. Memang tidak semua pabrikan menerapkan aturan main seperti ini. Hanya pabrikan motor Yamaha saja yang berani. “Kami satu-satunya yang memberikan garansi,” bilang Andar meyakinkan.

Dari sekian katagori motor, skubek paling banyak memiliki komponen variasi. Namun katagori bebek dan sport juga ada sebagian yang memberikan fasilitas ini.

Variasi apa saja yang diberikan pabrikan serta berapa harganya. Mari kita rinci lebih lanjut dalam 3 tulisan bersambung. Jangan ketinggalan ya!

Astra Honda Motor, Siapkan Paket Atau Satuan


Tersedia paketan
PT Astra Honda Motor (AHM) menjawab keinginan konsumen dengan membuat Honda Exlusive Part Shop (HEPS). Herry Djunaidi, GM Part Division AHM mengungkapkan variasi ini tersedia untuk semua katagori seperti skubek, bebek dan sport.

Variasi untuk skubek memang lebih banyak dibanding untuk katagori lainnya. “Persediaan variasi untuk motor matik sesuai dengan perkembangan varian ini yang sedang tumbuh pesat,” kata Herry lagi.

Untuk skubek misalnya, Honda Scoopy, BeAT dan Spacy tersedia paketan. Scoopy misalnya, paket terdiri dari head light garnish, tail light garnish, ring meter garnish, visor kit. Dijual Rp 330 ribu.

Untuk Honda BeAT pun tersedia paket yang terdiri dari cover fan, cover muffler, visor dan floor deck. Pilihan warnanya juga bervariasi yakni merah, biru, pink, putih, dan silver. Untuk paket ini dijual Rp 344 ribu.

Bahkan untuk Spacy Helm-in, variasinya langsung nongol ketika motor itu diluncurkan. Ada beberapa part di skubek dengan bagasi besar ini. Misalnya Air Cleaner Cover Garnish. Aksen pada penutup pembersih udara atau air cleaner ini membuat tampilan Spacy menjadi lebih menarik. “Pilihan warna bisa disesuaikan dengan motor,” tambah Taryudin, Part Division Head WMS.

Part lainnya seperti Rubber Floor. Pijakan kaki dari plastik ini juga berfungsi membuat kaki pengendara jadi tidak licin dan kelihatan dinamis. “Pilihan warnanya juga beragam. Ada pilihan warna silver, merah dan juga biru,” yakin Taryudin.

Untuk motor sport terbaru Honda CBR 250R AHM juga sudah menyediakan part variasi. Beda dengan untuk katagori skubek yang ditawarkan dalam model paketan, untuk motor sport berkapasitas 250cc ini bisa dibeli ketengan alias satuan.

Seperti windscrren yang dijual Rp 240 ribu atau tank pad yang dilego Rp 150 ribu. Untuk di Jakarta, HEPS tersedia di Astra MotorJakarta yang ada di Jl. Dewi Sartika, No. 255, Cawang, Jakarta Timur. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa