Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Knalpot Titanium R9 Untuk ER-6n, Tenaga Naik 3,21 DK

billy - Selasa, 21 Februari 2012 | 15:12 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 Bobot titanium Catalunya dan full karbon berbeda
Pemegang merek R9 atau Racing Generation baru saja meluncurkan knalpot khusus untuk Kawasaki ER-6. Termasuk knalpot kelas Premium sesuai dengan peruntukannya, yaitu moge.

Terbuat dari bahan titanium dan diklaim oleh Sjafri ‘Jerry’ Ganie yang bos R9 itu sebagai knalpot titanium pertama di Indonesia untuk ER-6. Karena terbuat dari bahan titanium sudah pasti lebih enteng.

Apalagi dibanding asli milik ER-6 yang dilengkapi katalisator. Sudah pasti yang aslinya lebih berat. “Total bobot pipa buang standar ER-6 yaitu 7,5 kg,” jelas Jerry yang sudah banyak menelurkan knalpot titanium itu.

Setelah dibuat menggunakan bahan titanium, kini enteng sekali. “Total beratnya hanya 1,5-2 kg,” jelas Jerry yang baru buka pabrik barunya di Kawasan Industri Milenium, Bitung, Tangerang.


 Ketika terpasang, silencer di kolong
Bisa ringan segitu karena terbuat dari bahan titanium. “Dari mulai pipa sampai silencer,” jelas Jerry yang mulai memproduksi knalpot dari era 1990-an itu.

Khusus untuk ER-6, Jerry membuat nya jadi dua tipe. Ada yang silencer full titanium atau disebut Catalunya dan ada pula yang silencernya full karbon. Suara dan performanya tidak jauh beda. Bisa dibuktikan lewat tes power menggunakan dinotes.

Sebelum dan sesudah menggunakan knalpot titanium, power dan torsinya diukur. Sebagai alat uji menggunakan dinotes merek Dynojet 250i buatan Amerika milik BRT (Bintang Racing Team).

Ketika masih menggunakan knalpot standar, power yang dihasilkan hanya 62,26 dk pada 9.000 rpm. Torsinya 41,99 ft-lbs pada 7.200 rpm.


Kemudian coba dilakukan penggantian dengan knalpot R9. Hasilnya, power jadi 65,47 dk pada 9.000 rpm. Sedangkan torsinya 43,54 ft-lbs. Artinya terjadi kenaikan power dan torsi. Power naik 3,21 dk dan torsinya naik 1,55 ft-lbs. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa