Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ragam Kampas Kopling Aftermarket Skubek, Didominasi Thailand

billy - Selasa, 13 September 2011 | 07:30 WIB
No caption
No credit
No caption

Menjamurnya skubek di Tanah Air, diikuti banyak part variasinya. Kalau kata  pribahasa ‘ada gula ada semut’, produsen part juga berbondong-bondong mensuplai kebutuhan suku cadang non-genuine alias non original equipment manufacturer (OEM). Salah satunya, kampas kopling.

 Tak hanya satu atau dua produsen, tapi untuk kampas kopling tersedia beragam merek. Bahkan untuk part penekan mangkuk kopling ini, kebanyakan didominasi dari produsen part di Thailand. Sebagai part non-OEM, tentu banyak iming-iming yang diberikan. Terutama soal daya tahan dan peruntukan. So, baiknya cari yang sesuai kebutuhan dan budget !

No caption
No credit
No caption

KAWAHARA RACING

Sebagai produsen yang terkenal terjun di part matik, Kawahara Racing menyediakan kampas kopling bagi Yamaha Mio dan Honda BeAT. “Sebenarnya, untuk Mio dan BeAT sama saja. Bisa saling subsitusi kok,” kata Jessy Liga Siswanto, owner Kawahara Racing sembari bilang harga jual Rp 275 ribu.

Kampas ini punya bahan kuningan di kampas. Efeknya, cengkraman kampas ke kopling jadi lebih kuat. “Bisa dipakai untuk kebutuhan balap dan harian,” kata pria akrab disapa Cokky ini.

No caption
No credit
No caption

 Dijual Rp 330 ribu per set
TDR RACING

TDR sebagai pemain awal barang matik juga tawarkan kampas kopling aftermarket buat Yamaha Mio dan skubek Honda. “Untuk saat ini, baru satu varian. Akan muncul lagi dua tipe berikutnya. Yaitu, tipe soft,” ujar Benny Rachmawan dari Mitra2000 selaku distributor part TDR di Indonesia.

Tipe soft yang bakal beredar, lebih cocok untuk kebutuhan balap. Sedang yang sekarang ini, tipe Longer Shoe. Ya, ukuran kampas lebih panjang ketimbang standar. “Bahan hampir sama standar. Non asbestos,” tambahnya.

No caption
No credit
No caption

Tawarkan sepatu macam pabrikan
MC RACING

Mengusung nama toko, part yang satu ini diklaim memiliki sepatu kampas yang sama dengan part OEM. Maka itu, kekuatan yang diusung tidak kalah dengan kampas bikinan pabrikan.

“Dijamin tidak mudah patah. Karena memang komponen asli,” ungkap Miekeel Tjahjanto bos MC Racing di Jl. Kebon Jeruk IX, No. 20C, Kota, Jakarta Barat.

Maka itu, dengan kelebihan yang diusung soal harga yang ditawarkan yaitu, Rp 350 ribu. Tersedia buat Mio dan BeAT. "Buat Suzuki belum ada. Karena jarang juga peminatnya," aku pria bertubuh gemuk besar ini.

No caption
No credit
No caption

Mengusung bahan campuran karbon
SPS

Satu lagi! Kampas kopling bermerek SPS ini juga didatangkan dari Thailand. Menurut sang penjual, bahan kampas yang dipakai mengusung campuran karbon. “Kampas jadi jauh lebih menggigit. Cocok sekali buat keperluan balap,” jelas Kurniawan dari Ban Speed Gallery di Jl. Jelambar Aladin, No. 3, Tubagus Angke, Jakarta Barat.

Maka itu, soal harga yang ditawarkan tergolong tinggi. Yaitu Rp 350 ribu. Dan, dengan harga segitu, part yang ditebus belum termasuk per dan rumah kampas ya. "Belum termasuk per ya," timpal Awan lagi.

No caption
No credit
No caption

Juga aplikasi bahan kuningan
LHK

Dari nama, sudah terlihat jelas kalau part ini buatan Thailand. Memiliki bahan kuningan yang bercampur dengan kampas kopling. Sehingga membuat daya cengram kampas ke mangkuk kopling jadi lebih kuat.

“Memang, itu terlihat dari tampilan luarnya. Permukaan juga agak lebih kasar,” beber Deny Jonathan dari Kodok Racing Team di Jl. Rajawali Selatan No. 12, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Soal harga, merek LHK dijual di pasaran di kisaran Rp 250 ribu. Tapi, itu belum harga tertinggi ya. Sebab, di daerah luar Jawa, harga bisa saja berubah.


Harga tergolong mahal
HI-SPEED

Komponen ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan MC Racing. Ya, katanya diklaim pakai sepatu kampas OEM. Jadi, tak mudah aus. Maka itu, harga yang ditawarkan tergolong tinggi. Yaitu, sekitar Rp 400 ribu. “Mungkin karena menang merek juga, makanya harga jual terbilang mahal jika dibandingkan merek  lain,” bilang Miekeel Tjahjanto.

Tapi, lagi-lagi harga yang Rp 400 ribu itu belum termasuk per atau rumah dudukan kampas, lho. Tapi, dijual kampas koplingnya saja. Yup, satu set yang terdiri dari tiga kampas kopling.   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa