Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tiga Kunci Utama Perlengkapan Adventure

billy - Sabtu, 30 Juli 2011 | 09:33 WIB
No caption
No credit
No caption


 Pakai yang lebih utama
Pemula yang pengin beradventure alam butuh komponen pelengkap untuk menyesuaikan tunggangan dengan jalur yang dilewati. Sedikitnya butuh tiga komponen yang kudu dibeli. 

“Persyaratan tiga barang itu untuk kuda besi yang katagorinya trail seperti Kawasaki KLX150, KLX250, ataupun Suzuki TS125. Paling utama buat motor hand-guard, gir belakang, dan ban,” beber Frans Tanujaya, pemilik Acay Motor, spesialis toko perlengkapan roda dua off- road di Bandung, Jawa Barat.

Hand guard alias komponen pelindung handel rem dan kopling. Beberapa merek ditawarkan dari harga Rp 150 ribuan sampai Rp 500 ribuan. Tanpa hand guard, handel kopling atau rem, bisa bermasalah sewaktu misalnya motor terjatuh atau nabrak batang pohon. Gedubrak!

Gir belakang menyesuaikan dengan kebutuhan adventure biar putaran bawah cepat berputar. Menaikkan 5 mata sproket belakang jadi pilihan supaya putaran bawah enteng diajak berkitir. Pilihan gir belakang untuk adventure bisa didapat dengan dana dari Rp 150 ribuan sampai Rp 300 ribuan.

Ban kudu diganti dong. Pilihan ban pacul karena area adventure pastinya bertanah atau permukaan yang langsung dicengkram ban gembur. “Pilihan merek seperti Kenda, Dunlop, atau juga Pirelli. Harganya dari Rp 500 ribuan sampai Rp 800 ribuan,” sebut Seto Rahman dari Ardian’s MX Shop, Jogja.

Seandainya sudah tiga komponen baru sudah nempel di motor, tinggal perlengkapan di badan. Helm, jersey, celana, sepatu, dan sarung tangan. Keempat riding gear itu sudah banyak dijual di toko-toko spesialis adventure roda dua. “Butuh biaya Rp 2 jutaan untuk celana, jersey, helm, dan sarung tangan. Itu bikinan lokal yang layak. Tapi, kalau untuk barang impor jelas lebih dari itu,” papar Asep Hendro, juragan Asep Hendro Racing Sport (AHRS), Depok, Jawa Barat.

Kalau perlengkapan motor dan badan sobat sudah terpenuhi, silakan deh kalau mau lanjut mengupgrade tunggangan. Misal ganti knalpot, CDI, sokbreker depan pakai SE mesti menyiapkan dana minimal Rp 10 sampai Rp 12 jutaan lagi. Untuk memenuhi semua itu tinggal hitung kemampuan dan kebutuhan!   (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa