Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bursa Pengapian Matik Tanpa Oprek Mesin

billy - Selasa, 7 Juni 2011 | 12:48 WIB
No caption
No credit
No caption


 Part penambah daya
Meski skubek gak punya gigi, tapi besutan yang memakai belt CVT itu tetap bisa dibikin mabur alias ngacir dengan kondisi mesin standar. Banyak cara dilakukan untuk menambah performa motor tanpa harus mengoprek mesin. Salah satunya mengganti sistem pengapiann. Dengan komponen ini, power mesin bisa tambah maksimal.

Naik power dengan mengoprek mesin, brother harus siap mengeluarkan duit lebih. Lagi pula, kalau mesin bore up dipakai sehari-hari bisa sayang mesin. Biar gak terlalu repot, ada baiknya mengganti part pengapian dengan versi racing. Selain power akan bertambah, bahan bakar juga bisa menjadi lebih irit lewat pe-ngapian yang besar.

Dari beberapa komponen yang mesti dilakukan pergantian yaitu ada tiga part; Busi, Koil dan CDI. “Cuma ketiga peranti itu yang bisa membuat torsi motor ber-tambah tanpa mengubah bagian mesin,” tambah Tommy Huang, bos CDI Bintang Racing Team (BRT) yang bermarkas di Cibinong, Jawa Barat.

Part CDI sebagai otak pengapian. Sebab, api yang dihasilkan lebih banyak berasal dari CDI. Sebenarnya, part bawaan pabrik juga sudah cukup bagus. Tapi di pasaran banyak beredar CDI aftermarket seperti BRT, Varro, XP dan Rextor yang diklaim bisa mendongkrak tenaga.

Koil berfungsi menyemburkan api. Sistem kerjanya menghasilkan api yang ditransfer lewat CDI. Koil racing menambah besaran tegangan ke busi. Untuk itu, busi racing dipakai agar api dari koil bisa ditransfer sempurna. Busi itu perantara antara pengapian dan mesin. (motorplus-online.com)

DAFTAR HARGA 
     
CDI
  KOIL

Varro
Rp 250 
TK
Rp 150 ribu 
BRT
Rp 350
Blue Thunder
Rp 160 ribu
XP
Rp 300
TDR
Rp 225 ribu
Rextor
Rp 585
KTC
Rp 110 ribu
Iridium
Rp 100
NGK Platinum
Rp 25  ribu

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa